WUJUD SYUKUR PETANI TEMBAKAU SELO

WUJUD SYUKUR PETANI TEMBAKAU SELO
Posted in Informasi
Posted on: August 5th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Tembakau yang menjadi komuditi pertanian di Lereng Gunung Merapi dan Merbabu, tahun ini menghasilkan panen yang cukup berhasil. Para petani yang sebagian besar membudiyadakan tembakau rajangan, menyambut suka cita dengan hasil yang diperoleh. Sebagai wujud untuk menyambut panen tembakau, sejumlah petani memprakarsai acara Tungguk Tembakau yang berpusat di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kamis (3/8).

Kegiatan yang diawali dengan sejumlah ritual dan doa di Makam Gunungsari ini, sangat kental dengan nilai tradisi. Hal tersebut dapat tercermin dari beragam gunungan dan tumpeng yang di kirab oleh para petani wilayah Kecamatan Selo ke Makam Gunungsari. Setelah acara doa dan ritual usai, segera dilanjutkan dengan pemetikan perdana daun tembakau, dan setelahnya di kirab kembali menuju Lapangan Desa Senden, tempat dimana kegiatan Tungguk Tembakau terpusat dengan diiringi warga dan kelompok kesenian tradisional.

“Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan menyambut panen sekaligus sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas suburnya tembakau di Kecamatan Selo,” ujar Dwi Kristanto, selaku Ketua Panitia acara.

Tungguk tembakau yang sejatinya merupakan acara turun temurun warga Lereng Gunung Merapi dan Merbabu, selain sebagai wujud rasa syukur, dimaksudkan juga untuk melestarikan nilai – nilai budaya dan tradisi serta diharapkan dapat mengembangkan sektor pariwisata lokal khususnya di daerah Selo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut hadir dalam acara Tungguk Tembakau 2017, sangat mengapresiasi atas selenggaranya kegiatan ini. Pertunjukan seni budaya yang dikemas menjadi satu dengan panen tembakau memberikan nilai tambah yang menjadi daya tarik tersendiri. “Perpaduan yang sangat bagus antara kegiatan panen dan tradisi, jika dapat dikembangkan secara bagus, event seperti ini bisa menjadi agenda tahunan,” tambah beliau.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top