WUJUD SYUKUR PANEN KOPI BERLIMPAH, PETANI SELO GELAR SELAMETAN GUNUNG

WUJUD SYUKUR PANEN KOPI BERLIMPAH, PETANI SELO GELAR SELAMETAN GUNUNG
Posted in Informasi
Posted on: January 19th, 2018 Oleh Administrator
BOYOLALI – Ratusan warga Dusun Stabelan; Desa Tlogolele; Kecamatan Selo menggelar syukuran karena hasil panen kopi yang berlimpah. Warga bersuka cita atas limpahan panen tersebut dengan sukarela membuat tumpeng berisi nasi, lauk pauk serta hasil bumi yang selanjutnya dikirab dan dikumpulkan di salah satu rumah warga, pada Jumat (19/1).
Kirab tumpeng tersebut sekaligus sebagai salah satu agenda peluncuran program Pengembangan Pasar (Market Development) Produk Pertanian atau Perkebunan Wilayah Merapi dan Merbabu yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Belanda.
“Selametan tumpeng ini sebagai salah satu bentuk rasa syukur warga Stabelan atas hasil air yang melimpah beserta panen yang memuaskan sekaligus untuk mengajak warga agar lebih melestarikan sumber sumber air yang ada di wilayahnya,” jelas Ketua Yayasan Business Watch, Aris Buntara.
Ditambahkan pula oleh Wakil Dubes Belanda, Ferdinand Lahnstein bahwa program Market Development merupakan program untuk memasarkan aneka produk pertanian warga setempat yang mencakup berbagai jenis hasil pertanian khususnya sayuran. Terlebih lagi tanah di Lereng Merapi dan Mesbabu sangat cocok ditanami sayuran dan kopi.
“Program ini membantu warga untuk memberikan nilai tambah pada produk pertanian agrikultur. Sekaligus bisa memberikan tambahan nilai pemasukan pendapatan,” pungkas Ferdinand.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top