USIA 45 TAHUN, PNS BOLEH AJUKAN PENSIUN DINI

USIA 45 TAHUN, PNS BOLEH AJUKAN PENSIUN DINI
Posted in Informasi
Posted on: May 9th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Berdasar Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), saat ini PNS berusia 45 tahun diperbolehkan untuk mengajukan pensiun atas permintaan sendiri. Batas usia tersebut berbeda dengan peraturan sebelumnya yang harus berusia minimal 50 tahun. Namun demikian untuk batasan masa kerja masih sama, harus memenuhi syarat paling sedikit 20 tahun.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kabupaten Boyolali, Marjono dalam pembekalan PNS yang akan memasuki masa purna tugas tahap II tahun 2017, di aula kantor setempat, Selasa (9/5). “Saat ini pensiun dini atas permintaan sendiri minimal berusia 45 tahun dengan masa kerja selama minimal 20 tahun. Sementara dulu baru boleh jika sudah berumur 50 tahun,” terang Marjono.

Jika memenuhi syarat demikian, PNS yang bersangkutan diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri dan berhak memperoleh jaminan pensiun. Untuk itu pihaknya berharap agar peraturan baru tersebut dapat diketahui oleh banyak pihak terlebih para PNS.

Dalam kegiatan pembekalan bagi PNS yang akan purna tugas ini dimaksudkan untuk memberikan bimbingan agar mampu mempersiapkan masa pensiun. Lebih lanjut Marjono menambahkan, pembekalan ini diikuti 100 orang yang akan pensiun pada bulan November 2017 hingga Maret 2018 mendatang. Dari 100 orang yang mengikuti pembekalan ini terdiri dari 50 guru, 15 orang pejabat struktural dan 23 orang staf. Selanjutnya empat orang kepala sekolah, tiga Sekretaris Desa dan lima orang fungsional tertentu.

Kegiatan akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu (10/5) mendatang diawali dengan pemberian materi pembinaan mental spiritual serta bimbingan kewirausahaan pada hari pertama. Sementara hari kedua berupa studi lapangan dengan materi motivasi usaha.

Sementara itu, Wabup Boyolali, M. Said Hidayat dalam sambutannya berpesan untuk menanamkan rasa bangga diri. “Rasa kebanggaan ini harus tertanamkan pada bapak ibu para senior pengabdi yang menjadi bagian dari sejarah kemajuan dan perkembangan Boyolali,” ungkap Wabup.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top