USAI LEBARAN, PMI GIATKAN DONOR DARAH

USAI LEBARAN, PMI GIATKAN DONOR DARAH
Posted in Informasi
Posted on: July 3rd, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Selama puasa dan kegiatan Lebaran kemarin, membuat stok darah di PMI Boyolali berkurang drastis. Menyikapi ini, usai Lebaran ini PMI terus menggenjot kegiatan donor darah ke masyarakat.

Petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2DS) PMI Boyolali, Wahyu Budi Setyawan mengungkapkan, selama libur Lebaran kemarin hampir tidak ada kegiatan donor darah dari kelompok-kelompok masyarakat. Imbasnya, persediaan darah di Unit transfusi darah PMI Boyolali selama libur Lebaran sangat minim karena masyarakat banyak disibukkan dengan persiapan Lebaran dan kegiatan Lebaran.

Bahkan sampai pada H+7 Lebaran kemarin, stok darah di PMI Boyolali hanya tersisa belasan kantong saja, yakni dua kantong golongan darah A, satu kantong golongan AB, dan 11 kantong untuk golongan darah O. Sedangkan untuk golongan darah B kosong.

Untung saja, kondisi ini belum berdampak pada kebutuhan darah masyarakat. Meski demikian dikhawatirkan, jika kondisi ini dibiarkan akan menyulitkan masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

Menyikapi ini, Wahyu mengatakan pihaknya akan meningkatkan kegiatan donor darah ke masyarakat usai libur lebaran, termasuk di antaranya dengan upaya jemput bola ke kelompok masyarakat. Menurut Wahyu, upaya jemput bola tersebut cukup efektif sudah mulai membuahkan hasil. Setidaknya sudah ada tambahan 50 kantong darah dari sejumlah kegiatan donor darah di sejumlah wilayah di Boyolali.

“Jemput bola kami tingkatkan dengan menggunakan mobile unit donor darah, salah satunya ke Karang Taruna maupun kelompok masyarakat lainnya,” ungkap Wahyu.
Di sisi lain, Wahyu juga mengimbau masyarakat untuk melakukan donor darah sukarela. Wahyu menegaskan, setetes darah yang disumbangkan akan sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan. Dijelaskannya, untuk donor darah dapat dilakukan langsung di PMI maupun memanfaatkan kegiatan donor darah missal yang dikoordinir kelompok-kelompok masyarakat. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top