UNBK SMA DAN MA SERENTAK DIMULAI

UNBK SMA DAN MA SERENTAK DIMULAI
Posted in Informasi
Posted on: April 11th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Sebanyak mencapai 4.679 siswa dari 30 SMA dan 12 Madrasah Aliyah (MA) mengikuti ujian nasional (UN), Senin (10/4/2017). Hampir seluruh sekolah melangsungkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sebagai antisipasi pemadaman listrik, pihak sekolah sudah menyiapkan genset.

Ribuan siswa tersebut terdiri dari 3.754 siswa SMA dan 925 siswa MA. Sementara sebagian sekolah, yakni empat SMA dan sembilan MA, masih menyelenggarakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNBKP). Hal itu berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah.
“Sebagian besar sekolah sudah UNBK, tetapi masih ada 13 sekolah yang masih UNBKP,” ungkap Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA Boyolali, Agung Wardoyo.
Dijelaskan Agung, yang juga menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Boyolali itu.
Ke-empat SMA tersebut yakni SMA BK 1 Boyolali, SMA Tunas Harapan Ampel, SMA Muhammadiyah Program Khusus Sambi dan SMA Al Hikmah Karanggede. Sementara dari 12 MA, yang sudah UNBK yakni MAN 1 Boyolali, MAN 2 Boyolali di Simo dan MAN Sawit.
Terkait pelaksanaan UNBK, mengantisipasi listrik padam seperti saat UNBK untuk SMK pekan sebelumnya, Agung menyatakan seluruh sekolah yang melangsungkan UNBK sudah menyiapkan genset. Sehingga sewaktu-waktu ada pemadaman listrik, tidak mengganggu jalannya ujian.
Sementara itu pelaksanaan UNBK satu mata pelajaran setiap harinya. Untuk sekolah yang menyelenggarakan UNBK, ujian dilangsungkan dalam tiga gelombang. Pada ujian hari pertama ini, materi pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia.
Menurut salah satu peserta ujian siswa SMAN 1 Boyolali, Safrida, mengaku dirinya serius mempersiapkan ujian ini. Bahkan dia mengaku datang lebih awal agar bisa memanfaatkan waktu untuk mengulang pelajaran sembari menunggu waktu ujian.
“Kan lebih tenang juga kalau datang lebih awal,” kata dia
Senada, Hasan Hendratmoko, peserta UNBK SMAN 1 Boyolali lainnya, mengaku juga sudah melakukan persiapan matang untuk mengikuti ujian ini. Bahkan dia juga mengaku sudah ikut bimbingan belajar.
“Untuk ujiannya saya sudah siap,” imbuh Hasan yang mengaku membidik STAN untuk kelanjutan pendidikannya itu.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top