UMKM : USAHA MASYARAKAT KUAT DAN MAJU

UMKM : USAHA MASYARAKAT KUAT DAN MAJU
Posted in Informasi
Posted on: May 10th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Harian Kompas bersama Bank Jateng menggelar diskusi dalam Forum Ekonomi Nusantara di Pendapa Gede Kabupaten Boyolali, Rabu (10/5). Diskusi yang mengambil tema ”Peran UMKM Mengembangkan Perekonomian Daerah” Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Boyolali, Seno Samodro didapuk sebagai narasumber. Diskusi tersebut diikuti 120 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Boyolali dan Klaten.

 “Saya tidak terlalu setuju dengan UMKM disebut sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah, karena kesannya mengecilkan tapi merupakan Usaha Masyarakat Kuat dan Maju,” terang Wakil Direktur Pelaksana Harian Kompas, Tri Agung Kristanto dalam sambutannya. Hal tersebut disampaikan Tri yang melihat peristiwa tahun 1998 yang ternyata UMKM merupakan salah satu kegiatan ekonomi tetap bertahan dalam gempuran krisis ekonomi dan bisa maju. Dengan kemampuan bertahan, menjadikan UMKM kian kuat dan dapat berperan dalam perekonomian daerah.

 Dalam forum tersebut, selain Gubernur Ganjar, masih terdapat lima narasumber yang menjadi pembicara yakni Dirut Bank Jateng, Supriyatno dan Direktur Pendayagunaan SDA dan TTG Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi, Suprapedi. Kemudian narasumber lain dari Kementerian Koperasi dan UKM yakni Asdep Permodalan, Luhur Pradjanto dan akademisi UNS, Retno Tanding Suryandari serta dari pengusaha beras organik, Minarso.

 Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Surat Persetujuan Permohonan Kredit (SP2K) Mitra Jateng dari Bank Jateng. Salah satu penerima SP2K, Lilik Budi Cahyono mengungkapkan rasa senang karena permohonan keditnya disetujui oleh Bank Jateng. Warga Pulisen, Boyolali yang menjalankan usaha warung makan tersebut memperoleh kredit sebesar Rp 25 juta dari Bank Jateng yang akan digunakan untuk pengembangan usahanya. Dengan kredit usaha tanpa jaminan tersebut akan dilunasi Lilik dalam jangka waktu selama tiga tahun. “Kredit ini akan saya gunakan untuk mengembangkan usaha dengan membuka cabang di tempat lain,” ungkap Lilik singkat.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top