UMBUL TIRTOMULYO MENJADI ANDALAN DEWA EMAS

UMBUL TIRTOMULYO MENJADI ANDALAN DEWA EMAS
Posted in Artikel
Posted on: April 17th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Tidak salah jika Umbul Tirtomulyo menjadi salah satu andalan tujuan di Desa Wisata Kemasan (Dewa Emas), Kecamatan Sawit. Pemandian yang konon dibangun pada masa Kerajaan Surakarta Hadiningrat di bawah pemerintahan Paku Buwono X ini terletak berada di depan Kantor Kecamatan Sawit. Berjarak sekira 11 km dari kota Boyolali, umbul yang berciri khas dua buah pintu gerbang berukuran besar di sebelah utara dan selatan sangat kental dengan corak kerajaan Mataram.

 Air alami yang keluar berasal dari mata air alami begitu Segar dan menyejukkan. Sementara pohon beringin kokoh berada di sisi barat kolam menambah suasana umbul menjadi adem dan teduh. Pemandian sedalam kurang lebih 1,5 hingha  2 meter tersebut berbentuk persegi dengan pagar tembok gaya rustic (tidak diperhalus). Umbul ini juga menjadi sumber air minum warga, irigasi pertanian persawahan, mandi dan cuci warga setempat. Bahkan di akhir pekan tidak jarang warga dari luar Boyolali juga mengunjungi umbul tersebut.

 Berdasar cerita, umbul ini memiliki makna “sumber” tirto berarti “air” dan mulyo bermakna “mulia” kurang lebih kalau diartikan “sumber mata air mulia”. Dinamakan demikian karena umbul ini tidak pernah mengering sampai sekarang. Oleh karena itu pemandian ini dianggap sakral oleh warga yang sering digunakan untuk bertirakat dengan “kungkum” (berendam). Sementara menjelang bulan Ramadan pemandian ini juga ramai untuk ritual padusan.

 Sementara itu salah satu warga, Mahmud Edi Paryanto (30), berharap umbul yang direvitalisasi sejak 2012 lalu itu bisa memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. “Harapannya Tirtomulyo bisa ramai seperti umbul Pengging dan Tlatar,” terang pria warga Kemasan itu, Senin (17/4) di area umbul

Lebih lanjut Mahmud menambahkan, selain umbul ini Dewa Emas juga memilki andalan sebagai tempat outbond. Sementara dukungan wisata lain berupa kuliner khas setempat dengan memanfaatkan kangkung yang sangat mudah tumbuh subur. Beberapa menu dengan bahan dasar kangkung seperti cah kangkung, oseng kangkung, plencing kangkung bahkan kerupuk dari kangkung.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru

Back to Top