TURUS JALAN SAMBI DIHIJAUKAN

TURUS JALAN SAMBI DIHIJAUKAN
Posted in Informasi
Posted on: May 16th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Turus jalan di wilayah Kecamatan Sambi akan dihijaukan dengan belasan ribu bibit tanaman keras bantuan dari alumnus SMPN 1 Simo. Gerakan penghjauan ini merupakan rangkaian kegiatan reuni akbar alumnus SMPN 1 Simo tersebut.
Sebanyak 15.000 bibit berbagai jenis pohon keras seperti sengon, mahoni, dan kayu putih, diberikan melalui kecamatan setempat, Senin  (15/5). Ribuan bibit tersebut kemudian didistribusikan ke desa-desa yang ada di Sambi, untuk kemudian ditanam khususnya pada turus-turus jalan.
Ketua Reuni, Eddy Wahyu Wibowo mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk kontribusi positif dan konkret para alumni SMPN 1 Simo. Sejauh ini diperkirakan sebanyak 40.000 bibit pohon keras yang ditanam di tiga wilayah kecamatan, yakni Simo, Sambi, dan Nogosari.
“Harapan kami bibit ini bisa dipelihara bersama, agar terus tumbuh. Sehingga menjadikan kawasan lestari dan teduh,” ungkap Edi.
Selain Simo yang menjadi tempat asal sekolah, dua kecamatan tersebut yakni Sambi dan Nogosari dipilih lantaran dua kecamatan tersebut selain perbatasan dengan Simo, juga cukup banyak alumnus dari SMPN 1 Simo.
Diharapkan di masa mendatang, sepanjang jalan lintas Kecamatan Sambi-Simo-Klego maupun Nogosari akan semakin teduh dan nyaman untuk masyarakat. Di sisi lain, keberadaan pohon-pohon tersebut juga difungsikan untuk mencegah terjadinya longsor, terutama di titik-titik rawan longsor.
Sementara itu Camat Sambi, Widi Nugroho, menyatakan menyambut positif kegiatan bakti sosial dari kalangan alumnus SMPN 1 Simo tersebut. Widi mengatakan upaya langkah penghijauan ini sangat positif dan menjadi wujud kepedulian bersama.
“Ada beberapa desa yang menjadi perioritas, seperti Cermo dan Trosobo,” terang dia.
Dijelaskan Widi, di wilayah Sambi sejauh ini tidak ada daerah rawan longsor. Meski demikian, upaya antisipasi harus terus dilakukan mengingat bencana salah satunya berkaitan dengan faktor perilaku manusia.
Selain itu di Sambi lanjut dia, ada beberapa desa yang merupakan daerah kering. Kawasan-kawasan tersebut membutuhkan penghijauan, selain sebagai peneduh juga untuk kelestarian mata air. Sehingga dengan peran serta masyarakat dalam penghijauan, diharapkan ke depan kawasan Sambi akan semakin lestari dan hijau. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top