TMMD SENGKUYUNG TAHAP I SELESAI

TMMD SENGKUYUNG TAHAP I SELESAI
Posted in Headline
Posted on: May 5th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Digelar selama 20 hari sejak Rabu (5/4) lalu, kegiatan kebersamaan TNI dengan rakyat yang disebut TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berakhir. Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I di wilayah Kodim 0724/Boyolali yang digelar di Desa Karanganyar;Kecamatan Musuk tersebut secara resmi ditutup dengan upacara penutupan di lapangan Desa setempat, Kamis (4/5).

 Kegiatan yang telah berhasil membangun infrastruktur bagi masyarakat ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 390 juta dengan sasaran pokok betonisasi jalan sepanjang 680 meter dan pembuatan talud jalan sepanjang 800 meter. Selain itu juga dilakukan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) untuk 10 unit rumah. Dengan mengahbiskan total anggaran sebesar Rp 390 juta yang berasal dari APBD Provinsi sebesar Rp 130 juta, APBD Kabupaten Rp 210 juta dan swadaya masyarakat Rp 50 juta.

 Bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 0724/Boyolali, Letkol. Arm Nova Mahanes Yudha, dalam sambutannya yang membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat mengapresiasi sinergi antar berbagai semua pihak yang terlibat dalam TMMD ini.  “Kami mengapresiasi kepada para Gubernur, Bupati/walikota, kantor kementerian terkait dan semua pihak serta komponen masyarakat yang telah bahu membahu saling mendukung sehingga kegiatan TMMD ini dapat terselenggara sesuai dengan rencana dengan aman dan lancar,” ungkap Nova.

 Terhitung mulai tahun 2017 ini, TMMD akan digelar sebanyak tiga tahap dari yang semula hanya dua tahap. Penambahan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu akselerasi program pembangunan di wilayah yang sulit terjangkau. Selain itu, Nova menambahkan sebagai upaya melestarikan budaya gotong royong. “Melalui pelestarian gotong royong dan kemanunggalan dalam program TMMD ini, diharapkan kita dapat semakin membentengi diri dari potensi disintregasi yang dipicu oleh sentimen perbedaan dan sikap intoleransi,” imbuh Nova.

 Selain kegiatan fisik, dalam TMMD ini juga digelar sejumlah agenda berupa kegiatan non fisik yang meliputi penyuluhan bagi masyarakat dengan sejumlah tema. Materi yang disampaikan antara lain Pendidikan Penyuluhan Bela Negara, penyuluhan KB, penyuluhan tertib berlalu lintas dan pengelolaan limbah peternakan. Sementara dalam penutupan ini juga digelar pengobatan masal dan pasar murah.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top