TINGKATKAN KOMPETENSI ASN, ANGGARAN DIKLAT DILIPATKAN

TINGKATKAN KOMPETENSI ASN, ANGGARAN DIKLAT DILIPATKAN
Posted in Informasi
Posted on: May 8th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Upaya peningkatan kompetensi aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Boyolali, menjadi perhatian serius Bupati Seno Samodro. Di antaranya yakni dengan meningkatkan alokasi anggaran pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi ASN hingga Rp 1 miliar atau naik hampir 100 persen dibandingkan saat ini.
Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Boyolali Karsino, Senin (8/5). Menurut Karsino, anggaran Diklat saat ini hanya sekitar Rp 600 juta. Dengan peningkatan alokasi anggaran untuk Diklat tersebut, menjadi bukti keseriusan Pemkab Boyolali dalam meningkatkan kompetensi ASN sesuai dengan bidangnya.
“Alokasi anggaran Diklat ditambah dua kali lipat untuk peningkatan kompetensi ASN,” ungkap Karsino.
Peningkatan kompetensi ASN ini sangat dibutuhkan, mengingat salah satunya Boyolali sebagai smart city, yang membutuhkan kompetensi ASN di bidang penguasaan teknologi informasi (IT).
Sehingga meski tidak menyebutkan berapa jumlah ASN yang akan didiklatkan maupun bidangnya, namun menurut Karsino salah satu bidang yang akan didiklatkan yakni bidang yang berkaitan dengan IT.
Untuk pelaksanaan Diklat bagi ASN, pengajuannya bisa dilakukan melalui dua cara, yakni lewat usulan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan penunjukkan sesuai dengan kebutuhan bidang yang bersangkutan.
Sehingga dengan penambahan dana Diklat ini, diharapkan akan semakin banyak ASN yang meningkat keahliannya. Dengan semakin banyak ASN yang berkualitas, menurut Karsino muaranya yakni untuk mewujudkan visi misi bupati dalam memajukan Boyolali.
Terkait penganggaran, menurut Karsino penambahan dana tersebut melalui dua kali penganggaran, yakni pada APBD Perubahan 2017 sebesar Rp 500 juta dan sisanya masuk dalam struktur APBD murni 2018 mendatang.
“Ini sesuai dengan kebijakan Bupati, penganggarannya melalui APBD Perubahan tahun ini dan APBD 2018 mendatang,” imbuh Karsino. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top