TIGA DESA AKAN PEMEKARAN

TIGA DESA AKAN PEMEKARAN
Posted in Informasi
Posted on: May 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Pemekaran sejumlah kecamatan yakni, Kecamatan Musuk, Ampel, Wonosegoro, yang sudah diajukan usulan prakarsanya oleh masyarakat setempat, akan disusul dengan pemekaran sejumlah desa di wilayah Boyolali Kota dan Musuk.
Bupati Boyolali, Seno Samodro mengatakan, sejumlah desa yang akan pemekaran antara lain Desa Karanggeneng, yang akan pecah menjadi satu desa dan satu kelurahan. Kemudian Desa Winong, yang juga pecah menjadi satu desa dan satu kelurahan. Pemecahan lainnya yakni pada Desa Pusporenggo, Musuk, yang juga menjadi satu desa dan satu kelurahan. Hanya saja untuk Desa Pusporenggo nantinya tetap akan masuk wilayah Musuk, sementara kelurahannya akan masuk wilayah Boyolali Kota.
“Akan tambah tiga kelurahan dari pemecahan desa itu,” ungkap Bupati di sela-sela penyerahan dokumen usulan prakarsa pemekaran kecamatan kemarin.
Diperkirakan pemecahan tiga desa di atas akan terealisasi pada tahun depan. Dengan penambahan jumlah kelurahan, Bupati menegaskan pihaknya menjamin tercukupinya anggaran.
Salah satunya mulai tahun depan, Bupati sudah menginstruksikan agar setiap kelurahan dikucuri anggaran Rp 1 miliar dari APBD. Langkah ini dilakukan supaya antara kelurahan dengan desa, tidak jauh berbeda secara  pengelolaan anggaran. Pasalnya, dengan adanya dana desa, setiap desa saat ini mengelola anggaran hingga miliaran ditambah dengan dana alokasi desa.
“Tahun depan satu kelurahan Rp 1 miliar,” tegas dia.
Di sisi lain, menurut Bupati, besarnya alokasi anggaran yang dikucurkan ke desa maupun kelurahan, harus disikapi dengan peningkatan SDM agar pelaksanaan anggaran sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top