TEPA SELIRA KUNCI TEGAKNYA NKRI

TEPA SELIRA KUNCI TEGAKNYA NKRI
Posted in Informasi
Posted on: November 27th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI – Rintik hujan dan dinginnya angin malam di Alun-alun Boyolali tidak mengahalangi ribuan orang mengikuti tadabbur bersama Emha Ainun Najib. Sosok guru bangsa yang akrab dipanggil Cak Nun itu hadir di Boyolali bersama grup musiknya, Kiai Kanjeng dalam acara bertajuk Boyolali Mengaji : Ngangsu Tepa Selira pada Sabtu (26/11). Setelah diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Syukur, jamaah langsung merapat ke depan panggung.  Cak Nun yang didampingi Wakil Bupati Boyolali M Said Hidayat beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Boyolali serta para pemuka agama di Boyolali seolah tanpa ada jarak dan pembatas.

Suasana semakin hangat ketika gerimis mulai mereda serta antusiasme ribuan jamaaah yang takzim mengikuti ceramah Cak Nun. Boyolali Mengaji ini semakin cair karena ada interaksi antara Cak Nun dan jamaah yang diselingi penampilan Kiai Kanjeng yang menyanyikan sejumlah lagu di sela-sela ceramah dan perkenalan serta penyampaian pernyataan dari pejabat Forkopimda maupun pemuka agama yang hadir.

Cak Nun dalam ceramahnya tidak bosan mengingatkan pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai tiang dalam berkehidupan di Republik Indonesia. “Tiang dalam berkehidupan bangsa adalah nasionalisme dan NKRI. Ibarat satu badan yang kohesinya tarik menarik satu sama lain dan saling menguatkan,” terang Cak Nun. Ia menekankan pentingnya kerjasama serta tepa selira dalam satu tujuan negara dan bangsa dengan mengesampingkan kepentingan pribadi, kelompok maupun aliran tertentu.

Sementara itu Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyampaikan dengan diundangnya Cak Nun di Boyolali ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai ajang menimba ilmu tentang “tepa selira”. Tepa selira ini dimaknai Wabup dengan saling menghormati, menghargai, memahami satu sama lain sebagai kunci dalam berkomunikasi dalam bermasyarakat. “Melalui toleransi ini semoga situasi kenyamanan dan kondusifitas dapat dijaga bersama dalam membangun Boyolali,” ujar Wabup Said Hidayat. Selain itu dapat menjaga kedamaian dan kerukunan dalam rangka menjaga NKRI.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top