TELUSURI JEJAK SEJARAH BOYOLALI MELALUI NITI TILAS KI AGENG PANDANARAN

TELUSURI JEJAK SEJARAH BOYOLALI MELALUI NITI TILAS KI AGENG PANDANARAN
Posted in Headline
Posted on: June 5th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Ratusan warga berdiri di atas jembatan “Kreteg Gedhe” Boyolali, Minggu (4/6) malam. Sementara ratusan penonton lain dan tamu undangan berbusana Kejawen berada di bantaran Kali Pepe yang airnya mengalir membelah kota Boyolali. Tempat bersejarah di Boyolali malam itu disulap menjadi panggung. Mereka menyaksikan sebuah pertunjukan fragmen yang menggambarkan perjalanan Ki Ageng Pandanaran dalam sejarah terjadinya Kota Boyolali.

 Pertunjukan Niti Tilas Ki Ageng Pandanaran ini dimaksudkan untuk mengenang perjalanan Ki Ageng Pandanaran yang turut berperan dalam pemberian nama Kabupaten yang kini berusia 170 tahun. Ya, nama Boyolali diyakini muncul pada saat itu di tempat ini dalam perjalanan spiritual Ki Ageng Pandanaran menuju Gunung Jabalkat di Tembayat, Klaten.

 “Niti Tilas Ki Ageng Pandanaran ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya Boyolali,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Darmanto dalam bahasa Jawa. Selain itu juga untuk memperingati Hari Jadi ke-170 Kabupaten Boyolali.

 Sementara Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi tempat berkumpul menjadi satu antara warga masyarakat dan jajaran pemerintah dalam acara Niti Tilas Ki Ageng Pandanaran. “Inilah Boyolali, dalam Niti Tilas ada perjalanan yang menjadi sejarah, tanah ini jadi Boyolali karena ada sejarah yang terjadi di tempat ini,” terang Sadi Hidayat.

 Wabup juga mengungkapkan rasa bangga, karena apa yang dilakukan merupakan harapan masyarakat Boyolali. Dengan tujuan menjadikan Boyolali semakin maju, sumringah dalam pembangunan Boyolali. Ke depan pihaknya berharap bisa bersama-sama melangkah menuju Boyolali yang tambah moncer dan maju. (Desta Bayu / Joko Marjoko / Eka Putra Nugraha / Denny Sugiharto).

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top