TEKAN INFLASI DENGAN GERTAM CABAI

TEKAN INFLASI DENGAN GERTAM CABAI
Posted in Headline
Posted on: May 9th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Untuk menekan inflasi atas komoditas cabai, Kementerian Pertanian menggagas Gerakan Nasional Penananam Cabai (Gertam Cabai). Gerakan ini dilatarbelakangi atas kondisi pasar, karena pada bulan tertentu terjadi kenaikan harga cabai yang cukup signifikan. Atas kondisi tersebut berakibat pada melemahnya daya beli masyarakat akan kebutuhan cabai. Menindaklanjuti program nasional tersebut, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Boyolali melakukan Penandatanganan Naskah Kerjasama antara DKP dengan TP PKK Kabupaten Boyolali  di aula DKP Kabupaten Boyolali dalam agenda Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Boyolali, Selasa (9/5).

“Gerakan ini bisa ditanam di rumah tangga masyarakat. Untuk mengatasi gejolak permasalahan cabai yang melambung harganya yang menjadikan inflasi di daerah maupun nasional,” terang kepala DKP Boyolali, Bambang Purwadi. Selain itu pihaknya berharap agar program tersebut dapat memperluas distribusi pangan di Boyolali sampai ke pelosok sehingga tidak ada masalah.

Melalui program tersebut, PKK secara berjenjang diharapkan menggerakkan anggotanya untuk melakukan penanaman cabai sampai di tingkat rumah tangga. Dengan maksud dapat berperan dalam menyediakan pangan secara pangan yang cukup, aman konsumsi, bermutu bergizi dan beragam. Hal lain yang lebih penting yakni dapat dijangkau dengan daya beli masyarakat.

Sementara Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dalam sambutannya berharap ketahanan pangan di Boyolali dengan menerapkan koordinasi antar OPD dan komunikasi dengan pihak manapun. Mengawali koordinasi tersebut, Wabup berpesan untuk memperhatikan data yang ada.

“Untuk arah ketahanan pangan harus diperhitungkan dengan kebutuhan riil di lapangan, stabilitas harga dijaga bersama. Kita mulai dari data masing-masing,” ungkap Wabup.

Mengamini, Wabup juga berharap Gertam Cabai dapat dijalankan sampai di tingkat keluarga

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top