TANAM PADI SERENTAK DI EMPAT DESA UNTUK SUKSESKAN KEDAULATAN PANGAN

TANAM PADI SERENTAK DI EMPAT DESA UNTUK SUKSESKAN KEDAULATAN PANGAN
Posted in Informasi
Posted on: September 18th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Untuk kedaulatan pangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan melalui produksi lokal perlu adanya sistem pertanian yang ramah lingkungan hingga mampu memproduksi hasil yang maksimal. Dalam rangka memberikan kontribusi produk pertanian khususnya produk padi, Dinas Pertanian (Dispertan) menyelenggarakan tanam serentak di area persawahan di Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, pada Senin (18/9).

Kegiatan yang diinisiasi Perkumpulan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tri Mandiri Sejahtera Daerah Irigasi Cengklik ini dengan luas area 150 hektare.

Kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai sinergitas antara TNI-AD dengan pemerintah serta masyarakat. Hal ini dengan dibuktikannya Indonesia tidak mengekspor tetapi juga sekarang mampu mengimpor bahan pangan. TNI-AD tidak hanya sebatas mengawal di tahap penanaman akan tetapi terus dikawal sampai tahap penjualan. “Tujuannya hanya satu yakni untuk menciptakan Indonesia berdaulat pangan,” terangDandim 0724/Boyolali, Letkol Arh. Nova Mahanes Yudha.

Dalam agenda tersebut diharapkan mampu berjalan dengan baik dan maksimal selama 10 – 15 hari kedepan, dengan luas 150 hektare. Lahan tersebut terbagi di empat Desa yakni Desa Sindon dan Gagaksipat seluas 25 hektare, Desa Dibal seluas 75 hektare dan Desa Donohudan seluas 50 hektare.

 

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto mengapresiasi tanam serentak ini. Lahan persawahan yang semula tandus dapat difungsikan sebagai lahan bercocok tanam padi. “Sampai dengan hari ini, Kabupaten Boyolali telah tanam padi serentak sebanyak 974 hektare dan masih ditambah dengan 150 hektar, diharapkan mampu mensukseskan kedaulatan pangan,” ujarnya. (epn/bet)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top