SUROTELENG GELAR MERTI DESA

SUROTELENG GELAR MERTI DESA
Posted in Informasi
Posted on: October 27th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Desa Suroteleng sebagai salah satu desa yang cukup luas di wilayah Kecamatan Selo semakin berbenah dalam menyuguhkan obyek wisata. Desa di kaki Gunung Merapi tersebut menyajikan potensi wisata alam dan budaya yang cukup apik untuk disuguhkan kepada wisatawan.
Selain keindahan alam yang mampu memanjakan wisatawan, terdapat satu tradisi yang masih dijaga masyarakat di Dukuh Bulu Kulon, Desa Suroteleng yakni Merti Desa (Bersih Desa), pada Jumat (27/10).
Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat setempat setiap Bulan Sapar pada penanggalan kalender Jawa. Ritual diawali dengan mengumpulkan sesaji warga sekitar di rumah salah satu sesepuh yang dianggap tokoh terkemuka. Selanjutnya demi kelancaran acara, sesaji tersebut didoakan.
“Merti Desa merupakan sebuah ritual tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Reso Diharjo.
Pada tradisi ini, masyarakat mengenakan pakaian lengkap khas Jawa dan membawa sesajian. Sesaji berupa nasi tumpeng dan berbagai buah-buahan hasil bumi dibawa ke lima tempat yang dianggap memiliki kekuatan spiritual kuat.
Lima tempat tersebut antara lain Tuk Ganjel, Tuk Anyar, Bak dari Gunung Merapi, Bak dari Gunung Merbabu, dan Tuk Gandul. (bet)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top