STOK BAWANG MERAH BOYOLALI 640 TON

STOK BAWANG MERAH BOYOLALI 640 TON
Posted in Informasi
Posted on: May 22nd, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Menjelang puasa dan lebaran, pasokan bawang merah di Boyolali aman. Setidaknya saat ini terdapat stok 185 hektare lahan bawang merah dengan produksi panen mencapai 640 ton.
Kawasan sentra produksi bawang merah di Boyolali di antaranya tersebar di sejumlah wilayah kecamatan, yang berada di lereng Gunung Merapi dan Merbabu, yakni Kecamatan Selo, Cepogo, dan Ampel.
Dengan pasokan yang memadai, harga bawang merah diharapkan tidak terjadi lonjakan. Saat ini, Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Boyolali, berkisar Rp 30 ribu per kilogram, Senin (22/5). Tertinggi, harga bawang merah mencapai Rp 32.000 per kilogram terpantau di Pasar Ampel. Sedangkan harga terendah terpantau di Pasar Andong, yakni berkisar Rp 25.000 per kilogram.
Besarnya pasokan bawang merah di Boyolali dikarenakan saat ini sudah memasuki musim panen bawang merah sejak April kemarin. Meski demikian, banyak petani yang masih menunda panen, lantaran berharap harga lebih tinggi saat puasa dan lebaran.
Darni (50), petani warga Desa Genting, Cepogo, misalnya mengaku menunda untuk panen karena menunggu kenaikan harga bawang merah. Hal ini dilakukannya mengingat harga bibit bawang merah saat dia tanam di awal musim kemarin, mencapai Rp 28.000 per kilogram.
“Biasanya kalau panen sudah ada pengepul yang datang, kalau tida ya saya bawa sendiri ke pasar,” kata dia.
Senada, Suyud, petani bawang merah lainnya juga berharap bisa untung musim panen ini. Menurut Suyud, lahannya yang ditanami bawang merah, yakni seluas 1.500 meter persegi. Tanaman bawang merah tersebut dipadukan dengan berbagai jenis sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, dan tembakau.
“Harga biar naik sedikit biar petani bisa untung,” harap dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top