SIMANTAP APLIKASI YANG PERMUDAH PERIJINAN

SIMANTAP APLIKASI YANG PERMUDAH PERIJINAN
Posted in Headline
Posted on: February 2nd, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan perijinan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menerapkan aplikasi Sistem Informasi Kecamatan Terpadu (SIMANTAP). Aplikasi yang memuat sejumlah fitur yang memberikan akses kemudahan bagi masyarakat dalam mengajukan berbagai perijinan ini bisa dilayani di tingkat kecamatan. Perijinan yang dilayani melalui sistem informasi ini yakni Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kabupaten Boyolali. “Masyarakat cukup datang di kecamatan setempat untuk mengurus penerbitan ijin UMK,” terang Kepala Bagian Kerjasama dan Otda, M. Arief Wardianta melalui Kasubbag Kerjasama dan Otonomi Daerah (OTDA) Setda Kabupaten Boyolali, Ari Wahyu Prabowo, di kantornya, beberapa waktu yang lalu.

Melalui program ini kecamatan bisa memberikan pelayanan perijinan dan non perijinan yang lebih mudah kepada masyarakat, sehingga tidak harus menempuh jarak dan waktu ke Kota Boyolali untuk mengurusnya. Dengan ini pihaknya berharap masyarakat dapat mengurus perijinan usahanya di kecamatan sesuai dengan domisili pemohon dan masyarakat dapat terlayani kebutuhan perijinan dan non perijinannya secara efektif dan efisien.

Melalui pelayanan ini, masyarakat diberikan pelayanan yang lebih simpel dan cepat. dapat diurus hingga diterbitkannya surat ijin di kecamatan. Adapun teknis prosedurnya dari pemohon yang menyiapkan berkas yang dipersyaratkan. Dokumen perijinan itu kemudian discan oleh petugas di kecamatan dan dikirimkan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Boyolali. Dari berkas yang dikirim tersebut akan diverifikasi dan jika telah memenuhi syarat bisa diterbitkan surat ijinnya. Adapun surat ijin bisa diambil sendiri di DPMPTSP atau melalui kecamatan yang bersangkutan.

Selain fitur perijinan IUMK, aplikasi SIMANTAP yang dapat diakses di situs dengan alamat di simantap.boyolalikab.go.id ini juga terdapat aplikasi lainnya. Fitur front office untuk pendaftaran perijinan di DPMPTSP, kemudian aplikasi e-office yang dipergunakan untuk pengiriman surat menyurat antar OPD dan aplikasi input data IUMK yang terintegrasi dengan Bank Rakyat Indonesia. Sementara untuk aplikasi Pendaftaran Mandiri Akta Tanah (Permata) yang terintegrasi dengan Badan Petanahan Nasional, sudah dalam tahap penandatanganan nota kesepahaman dengan BPN dan saat ini dalam proses menuju tahap pelaksanaan.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top