SEKJEN KEMENDAG : JANGAN HANYA BERTAHAN MENJADI UMKM

SEKJEN KEMENDAG : JANGAN HANYA BERTAHAN MENJADI UMKM
Posted in Headline
Posted on: August 4th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Pada tahun 2017 ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia kembali menggelar Promosi Produk Unggulan Daerah (PPUD). Penyelenggaraan agenda tahunan ini merupakan gelaran ke-12 yang diselenggarakan di Alun-Alun Kidul Boyolali, Kamis-Minggu (3-6/8). Kemendag berharap kegiatan ini dapat mengembangkan dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam daerah.

 “Tujuannya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan sumber daya daerah dan memberikan akses pasar kepada pelaku usaha,” tegas Sekretaris Jenderal Kemendag, Karyanto Suprih dalam pembukaan di lokasi pameran. Selanjutnya Karyanto menambahkan, akses pasar dimaksud dapat meningkatkan transaksi pengusaha sehingga produk bisa menjadi unggulan di daerah secara internasional. “UMKM harus berkembang menjadi pengusaha menengah atau besar. Tidak hanya bertahan menjadi UMKM terus,” imbuh karyanto.

 Sebanyak 15 Provinsi mengikuti PPUD 2017 ini yang menampilkan berbagai produk unggulan seperti jajanan dan kuliner, aneka pangan segar dan olahan. Selain itu juga memamerkan pangan organik, furnitur, kerajinan daerah dan lain sebagainya. Terdapat 76 stand pangan dan non pangan, serta 20 stan produk kuliner khas Boyolali.

 Seperti pameran tahun sebelumnya, pameran kali ini diharapkan juga bisa mencatatkan transaksi di sisi ekonomi lokal dan nasional. Transaksi sebesar Rp 5 miliar berhasil dibukukan dalam ajang yang dahulu populer dengan sebutan Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPN-PPDN) ini.

 Selain perluasan pasar, PPUD juga dimaksudkan dapat memotivasi pelaku usaha di daerah, serta menumbuhkan wirausaha baru yang kompeten melalui penciptaan dan kreasi produk-produk unggulan daerah yang berkualitas. “Dengan demikian, PPUD diharapkan pula dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tandas Karyanto.

 Selain pameran, juga digelar lomba masakan dan minuman daerah yang menjadi rangkaian kegiatan. Sementara pada Sabtu (5/8) menghadirkan artis ibukota Virzha yang akan menghibur pengunjung pameran. (mjk/dst)

Klik Image untuk melihat album

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top