SEGERA DIBONGKAR, TUGU JAM BOYOLALI BAKAL LEBIH ARTISTIK

SEGERA DIBONGKAR, TUGU JAM BOYOLALI BAKAL LEBIH ARTISTIK
Posted in Agenda, Informasi
Posted on: December 10th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Tugu jam Boyolali yang berada tepat di depan Pasar Kota Boyolali, akan segera dibongkar. Sebagai gantinya, akan dibangun tugu jam baru yang lebih artistik.
Rencana pembongkaran bangunan yang telah lama menghiasi kawasan tersebut sudah cukup lama disampaikan Bupati Boyolali, Seno Samodro. Namun baru akan direalisasi tahun depan. Menurut Bupati, tugu jam berbentuk Joglo tersebut akan diganti dengan bangunan artistik. Bahkan untuk desainnya, sudah dilombakan.
Hasilnya, dari lima tema desain dilombakan, dua diantaranya menjadi pemenangnya.
“Ada dua desain yang menang dan akan dibangun semua. Satu di lokasi tugu jam saat ini dan satunya lagi akan dibangun di depan Museum Hamong Wardoyo,” ungkap Bupati, Rabu (7/12).
Desain pertama yang menjadi pemenang adalah desain mekanis dengan konsep botol susu yang mengalirkan ke penampang di bawahnya. Sementara desain kedua yakni mirip gunungan tumpeng atau menggambarkan Gunung Merapi.
Menurut Bupati, desain tersebut selain mekanis juga berkonsep tata cahaya. Sehingga, selain artistik, tugu jam baru tersebut akan sangat cantik di malam hari. Sedangkan fungsi mekanismenya, diatur sedimikian rupa sehingga bangunan tugu jam yang baru tersebut akan bisa membuka secara artistik. Untuk pembangunan tugu jam yang baru tersebut, menurut Bupati akan dialokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar.
Pembongkaran tugu jam yang ada saat ini, Bupati menjelaskan bahwa secara kultural tidak ada bangunan joglo yang berada di tengah jalan. Adanya lanjut dia, yakni bangunan joglo yang hanya di tengah taman.
“Namanya kummel, peninggalan Ronggowarsito. Jadi kalau bangunan joglo di tengah jalan itu pakemnya tidak ada,” jelas dia.
Lebih lanjut menurut Bupati, selain pengembangan kota, pihaknya juga mendorong agar seluruh wilayah Boyolali juga dibangun dengan menonjolkan nilai-nilai artistik. Sehingga, selain pembangunan tugu jam di Boyolali Kota, pihaknya juga mendorong setiap kecamatan juga dibangun bangunan-bangunan yang artistik.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top