SATU UNIT BLOOD BANK PMI DIPERBAIKI, PASOKAN DARAH DIJAMIN AMAN

SATU UNIT BLOOD BANK PMI DIPERBAIKI, PASOKAN DARAH DIJAMIN AMAN
Posted in Headline
Posted on: May 29th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Satu dari tiga blood bank  milik PMI Boyolali mengalami kerusakan. Meski demikian, pasokan stok darah PMI dijamin tidak terganggu selama perbaikan blood bank tersebut.
Humas PMI Boyolali, Aziz Nugroho mengatakan selama ini PMI memiliki tiga unit blood bank untuk penyimpanan kantung darah. Dari tiga blood bank tersebut, masing-masing berkapasitas penyimpanan untuk 300-an kantung darah.
Dengan tiga unit blood bank tersebut, rata-rata setiap bulannya PMI mampu menyimpan atau menyetok 1.000-an kantung darah siap pakai. Namun dengan kerusakan satu unit tersebut, sehingga kemampuan stok tinggal sekitar 600-an kantung darah.
“Namun satu unit blood bank kemarin rusak sehingga kapasitas stok penyimpanan berkurang,” Senin (29/5).
Aziz mengatakan, saat ini unit blood bank yang rusak tengah dalam perbaikan dan diharapkan bulan ini selesai dan dapat digunakan kembali untuk penyimpanan darah. Di sisi lain, terkait pelayanan kebutuhan darah, Aziz mengatakan hal tersebut diharapkan tidak terlalu berpengaruh. Pihaknya terus mengupayakan pasokan darah PMI tetap aman.
Salah satu langkah yakni dengan menjamin ketersediaan pendonor selama bulan puasa ini. Diakuinya, selama puasa jumlah pendonor selama puasa cenderung menurun. Namun saat ini kesadaran masyarakat cukup tinggi, sehingga antusiasme untuk donor juga tinggi.
“Kami berupaya terus menjamin ketersediaan darah aman, salah satunya dengan memanajemen pendonor karena kesadaran masyarakat cukup tinggi,” imbuh dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top