SATGAS MAFIA PANGAN BAKAL PANTAU HARGA SEMBAKO

SATGAS MAFIA PANGAN BAKAL PANTAU HARGA SEMBAKO
Posted in Informasi
Posted on: May 12th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Mengantisipasi kelangkaan dan gejolak harga menjelang puasa Ramadhan dan Lebaran mendatang, sejumlah langkah dilakukan instansi-instansi terkait. Salah satunya yakni jajaran Polres Boyolali melalui Satgas Mafia Pangan, yang mulai turun ke pasar-pasar tradisional melakukan pengawasan.
Satgas Mafia Pangan Polres Boyolali ini terutama bertugas memantau dan mengawasi potensi tindakan penimbunan Sembako, yang dapat menyebabkan gejolak harga di pasaran. Menurut Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, pengawasn dilakukan dengan langsung turun ke pasar-pasar tradisional maupun swalayan yang ada di Boyolali.
“Satgas Mafia Pangan ini bertugas menyisir pasar-pasar tradisional maupun swalayan untuk pengawasan,” ungkap Kapolres, Kamis (11/5).
Dijelaskan Kapolres, kebutuhan Sembako selalu meningkat menjelang dan selama puasa hingga lebaran. Mengantisipasi kelangkaan barang akibat oknum-oknum tak bertanggungjawab, pihaknya pun turun langsung melakukan pantauan dan pengawasan, utamanya mengantisipasi jika ada penimbunan Sembako.
Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga Sembako di pasaran terutama menjelang Ramadhan. Indikasinya, menurut Kapolres terutama jika ada kenaikan harga yang tidak wajar.
“Jika ada gejolak harga pangan, akan diusut penyebabnya apa. Apakah ada kecurangan seperti penimbunan maupun sebagainya,” jelas dia.
Kasatreskrim AKP M Huda menambahkan, jika pihaknya menemukan adanya kecurangan yang menyebabkan gejolak harga pangan, pihaknya tidak segan untuk menindak tegas pelaku penimbunan Sembako.
Hanya saja, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya indikasi penimbunan Sembako. Pihaknya juga melakukan pantauan ke sejumlah pasar tradisional maupun swalayan di sejumlah tempat di Boyolali, Rabu (10/5).
Selain itu pihaknya juga melakukan monitoring dan pengecekan langsung ke pedagang maupun distributor Sembako. Hasil pantauan, harga pangan saat ini masih cukup stabil. Selain itu sampai saat ini stok pasokan Sembako masih mencukupi kebutuhan pasar menjelang Ramadhan.
“Memang ada kenaikan sedikit untuk beberapa komoditas, tetapi masih dalam taraf wajar dan tidak ada gejolak,” imbuh dia.
Sejumlah harga sembako yang terpantau kemarin di antaranya untuk beras masih di kisaran Rp 9.000/kg. Kemudian gula pasir terpantau Rp 12.750/kg, minyak goreng Rp 13.500/liter, dan daging sapi di kisaran Rp 100.000/kg.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top