SAMBUT JOKOWI, PASAR TUMANG BERBENAH

SAMBUT JOKOWI, PASAR TUMANG BERBENAH
Posted in Headline
Posted on: January 26th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Bakal menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Pasar Tumang, Cepogo terus dibenahi. Pasar Tumang ini memiliki sejarah yang kental dengan para pengrajin tembaga asal Tumang.
Kades Cepogo, Mawardi membenarkan, meski Pasar Tumang saat ini sudah berubah menjadi pasar tradisional biasa, namun memiliki ikatan kuat dan tidak bisa dipisahkan dengan para pengrajin tembaga di Tumang.
“Dulunya pasar ini bernama Pasar Industri Kerajinan Tumang, dan menjadi sentra penjualan kerajinan tembaga,” ungkap Mawardi kemarin.
Hanya saja waktu itu Pasar Tumang, sesuai namanya yakni Pasar Industri Kerajinan Tumang, lebih menjadi sentra perdagangan alat kebutuhan rumah tangga, khususnya yang berbahan dasar tembaga. Namun seiring waktu, perkembangan kerajinan tembaga di Tumang terus berkembang. Dari awalnya yang sebatas alat kebutuhan rumah tangga, kini kerajinan tembaga Tumang justru memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi, berupa berbagai macam kerajinan dengan pangsa pasar mayoritas untuk ekspor.
Perkembangan ini kemudian membuat para pengrajin banyak yang mendirikan show room, yang kini banyak bertebaran di pelosok Tumang. Banyak konsumen, baik dari lokal maupun mancanegara, datang langsung ke show room-show room pengrajin. Sehingga lambat laun Pasar Tumang pun beralih menjadi pasar tradisional biasa.
Terkait pembenahan Pasar Tumang, diakui Mawardi, salah satu alasannya terkait rencana kedatangan Jokowi. Di sisi lain, pasar tersebut juga masih aktif, baik untuk pasar pagi maupun sore. Di Pasar Tumang ini nantinya direncanakan Presiden Jokowi akan bertemu dan bertatap muka dengan sekitar 300-an pengrajin serta pengusaha tembaga Tumang.
Kunjungan Presiden Jokowi nanti, juga sekaligus meresmikan program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), yang akan mendukung perkembangan industri kecil menengah (IKM) termasuk pengrajin tembaga Tumang.
Terpisah, Asisten Bupati Boyolali bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sugiyanto mengatakan, meski salah satu agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Tumang, namun untuk acara seremonial akan dilakukan di Joglo Lencoh, Kecamatan Selo. Lokasi ini dipilih karena dinilai lebih representatif. Sehingga usai kunjungan ke Tumang, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Joglo Lencoh.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top