RIBUAN WARGA ANTUSIAS SAKSIKAN FESTIVAL REOG BHAYANGKARA BOYOLALI 2017

RIBUAN WARGA ANTUSIAS SAKSIKAN FESTIVAL REOG BHAYANGKARA BOYOLALI 2017
Posted in Agenda
Posted on: October 1st, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Nilai keberagaman tradisi dan budaya untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila (HKP) sangat meriah dengan terselenggaranya Festival Reog Bhayangkara Boyolali pada Minggu (1/10). Tradisi budaya reog ini sengaja dipilih untuk peringatan HKP sebagai lambang kekokohan bangsa.
Suasana meriah terlihat di jantung kota Boyolali, ribuan orang mulai anak anak sampai orangtua antusias untuk menjadi saksi dalam rangkaian acara Festival Reog. 101 kelompok mulai unjuk kreatifitas dalam acara yang bertema seni tradisional.
Acara yang dimulai start di depan Pasar Sunggingan ini resmi diberangkatkan tepat pukul 08.00. Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi secara simbolis mengibarkan bendera start tanda festival dimulai. Festival dibuka dengan penampilan Marching Band SMA Taruna Magelang yang disusul oleh Duta Seni Boyolali dan dilanjutkan dengan kesenian reog.
Festival mengambil rute dari Pasar Sunggingan, menyusuri Jalan Pandanaran, melewati Simpang Siaga dan berakhir di depan Kantor Pos Boyolali. Para peserta pun diberikan kesempatan kurang lebih lima menit bagi kelompok tari dan 10 menit bagi reog untuk tampil di area Tugu Jam depan Pasar Boyolali. Disaksikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat, Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi, Dandim 0724, Letkol Arh Nova Mahanes Yudha, Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto, dan Sesepuh Boyolali, Seno Kusumoarjo serta pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali lainnya.
Kerjasama yang terjalin baik antara Pemkab dan Polres serta peran masyarakat mampu mewujudkan satu kegiatan seni yang diharapkan dapat meningkatkan setkor pariwisata selain juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Harapan kita bersama, inilah satu wujud kebersamaan untuk menjaga nilai nilai yang terkandung di Pancasila,” ujar Wabup.
Sementara itu, Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menambahkan festival reog merupakan salah satu pesta rakyat. Pihaknya berharap festival kesenian seperti ini dapat terlaksana setiap tahun agar dapat mempromosikan, mengangkat serta menampilkan budaya masyarakat Boyolali. “Sehingga Boyolali tidak hanya dikenal sebagai Kota Susu ataupun Kota Soto, namun masyarakat juga harus tahu bahwasanya Reog tidak hanya di Ponorogo, akan tetapi juga Boyolali memiliki kesenian reog yang tersebar di 19 kecamatan,” ujarnya. (dst/epn/bet)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top