Realisasi DAK Fisik Boyolali Tepat Waktu

Posted in Informasi
Posted on: July 25th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Meski banyak daerah yang tersendat dalam realisasi dana alokasi khusus (DAK) untuk fisik pada tahap I tahun 2017 ini, namun Boyolali justru berhasil merealisasikan tepat waktu dan mencapai target.
Tahun ini pagu DAK fisik dari pemerintah pusat untuk berbagai bidang yang diterima Boyolali mencapai Rp 76,357 miliar. Pada triwulan I, tahap pertama DAK sebesar Rp 22,9 miliar sudah berhasil terserap sebesar Rp 21,787 miliar atau mencapai 95 persen.
“Boyolali sudah sesuai progres, per 20 Juli kemarin realisasi DAK fisik secara keseluruhan mencapai 95 persen untuk tahap pertama,” ungkap Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali, Purnawan, Selasa (25/7).
Dijelaskannya, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 Tahun 2017, maka transfer DAK dilakukan secara bertahap, yakni triwulan pertama sebesar 30 persen dari pagu keseluruhan. DAK fisik dari pusat tersebut meliputi antara lain bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, kelautan dan perikanan, serta DAK fisik penugasan.
Sesuai dengan ketentuan, realisasi tahap pertama DAK tersebut harus mencapai 75 persen untuk melanjutkan pencairan tahap II. Selain itu, laporan realisasi Dak juga sudah harus disampaikan paling lambat tanggal 21 Juli. Namun mengingat banyak daerah yang terkendala realisasi DAKfisik tersebut, sehingga batas akhir laporan diundur sampai 31 Agustus mendatang.
“Tapi untuk Boyolali sudah on track sesuai progres, dan untuk triwulan II ini sebagian besar juga sudah ditransfer,” terang Purnawan.
Dengan terserapnya anggaran DAK untuk fisik tepat waktu dan progres, menurut Purnawan pembangunan di Boyolali dengan anggaran yang bersumber dari DAK tersebut tidak ada yang terlambat. Dampaknya, pembangunan bisa berjalan lancar dan diharapkan bisa segera dirasakan masyarakat. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top