Puluhan Produk UMKM “Kelas Dunia” Boyolali Diusung ke Moscow

Puluhan Produk UMKM “Kelas Dunia” Boyolali Diusung ke Moscow
Posted in Informasi
Posted on: August 4th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Kesertaan Pemkab Boyolali dalam Festival Indonesia di Moscow, Rusia, dimanfaatkan secara maksimal dengan membawa puluhan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan. Bahkan ajang Festival Indonesia di Moscow tersebut, seakan menjadi etalase tersendiri untuk Boyolali.
Bupati Boyolali, Seno Samodro mengungkapkan, ada puluhan jenis produk unggulan UMKM Boyolali yang akan diboyong ke Moscow. Puluhan jenis produk tersebut sudah melalui seleksi ketat beberapa waktu lalu, termasuk di antaranya dari lomba antar UMKM.
“Ada puluhan item produk yang akan dibawa nanti. Bahasa saya, sudah kami seleksi UMKM yang memiliki kelas dunia,” ungkap Bupati, Kamis (3/8).
Puluhan item produk UMKM tersebut lanjut Bupati, antara lain kerajinan tembaga asal Tumang, Celogo yang memang sudah mendunia, kerajinan keramik porselin dari Ampel, kerajinan tas kulit ikan pari dari Banyudono dan lainnya.
Bupati menegaskan, produk yang dibawa tersebut memiliki keunikan tersendiri. Hampir satu kontainer produk UMKM tersebut dan akan dijual saat pameran di Moscow. Bupati menyatakan optimis produk UMKM yang dibawa itu nantinya akan laris manis.
Meski demikian, jika nantinya ada barang yang tidak terjual habis, menurut Bupati tidak akan dibawa pulang, melainkan disumbangkan ke Kedutaan Besar Indonesia di Rusia. Langkah ini dilakukan mengingat ongkos membawa barang tersebut justru lebih besar dibandingkan harga produk.
Ke depan, menindaklanjuti pameran di Moscow tersebut, produk-produk UMKM itu nantinya juga akan dijual secara online. Teknis order, menurut Bupati akan difasilitasi melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Boyolali.
Lebih lanjut terkait keiikutsertaan Boyolali dalam Festival Indonesia di Moscow tersebut, meski diikuti sejumlah perwakilan dari Indonesia, namun menurut Bupati justru menjadi etalase tersendiri bagi Boyolali. Bahkan menurut Bupati, selain membawa produk-produk UMKM, Boyolali juga mengirimkan duta seni untuk pentas saat pameran nanti. Tidak tanggung-tanggung, duta seni ini nantinya akan membawakan enam jenis tarian, di antaranya yakni tarian upacara ala Jawa atau ala Boyolali serta musik etnik Boyolali. Tidak hanya itu, Boyolali juga membawa grup musik jazz, Krakatau untuk pentas mewakili Kota Susu. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top