PUASA, HARGA JANGGELAN DAN PISANG KEPOK NAIK

PUASA, HARGA JANGGELAN DAN PISANG KEPOK NAIK
Posted in Informasi
Posted on: May 30th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Pekan pertama bulan puasa Ramadhan ini bahan baku menu berbuka puasa saat ini naik menyusul tingginya permintaan masyarakat.
Bahan baku terutama untuk bahan minuman di antaranya yakni seperti janggelan, rumput laut, kolang-kaling, mengalami kenaikan harga karena permintaan tinggi masyarakat. Menurut Titin (26), salah satu pedagang bahan baku es campur atau kolak di Pasar Candi, Pengging, Kecamatan Banyudono, harga mengalami kenaikan karena permintaan masyarakat sangat tinggi mulai beberapa hari ini.
“Soalnya ini kan seperti menjadi menu wajib buka puasa, jadi permintaannya meningkat,” tutur dia, Senin (29/5).
Disebutkan Titin, harga janggelan yang semula sekitar Rp 5.000/kg, saat ini naik menjadi Rp 6.000/kg. Sedangkan rumput laut yang semula Rp 19.000/kg naik menjadi Rp 20.000/kg. Kolang-kaling super, yang semula Rp 16.000/kg naik menjadi 18.000/kg.
Kenaikan yang sangat signifikan pada pisang kepok, yang biasa dipakai sebagai bahan baku kolak. Menurut Titin, harga satu sisir pisang yang biasanya Rp 15.000 tergantung ukuran, sekarang bisa mencapai Rp 25.000.
Menurut Titin, meski harga naik namun tidak menyurutkan pembeli datang. Biasanya, selain melayani konsumen masyarakat langsung, dirinya juga melayani bakul atau pedagang eceran. Bahkan 25 kg janggelan yang dia bawa, sekarang ini langsung habis terjual. Sementara untuk rumput laut dan kolang-kaling masih tersisa sedikit.
Terpisah, kenaikan harga tersebut tidak terlalu dirisaukan konsumen. Ahmad (51), warga Sawit misalnya, mengaku sudah wajar jika harga naik. Terlebih saat ini menu kolak atau es buah seperti menjadi menu buka puasa wajib.
“Buka puasa kalau tidak ada kolak rasanya seperti ada yang kurang,” ujar Ahmad sembari menenteng satu sisir pisang kepok. (Ario Bhawono)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top