PUASA, FKUB DAN MUI LARANG ORMAS SWEEPING

PUASA, FKUB DAN MUI LARANG ORMAS SWEEPING
Posted in Informasi
Posted on: May 26th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Organisasi masyarakat (Ormas) maupun keagamaan dilarang melakukan razia atau sweeping, khususnya selama bulan Ramadhan. Sweeping atau razia tersebut merupakan tugas kepolisian dalam upaya penegakan hukum.
Imbauan tegas tersebut salah satunya disampaikan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)  dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Boyolali. Ketua FKUB Boyolali dengan tegas menyatakan bahwa sweeping atau razia-razia itu bukan bidangnya kyai atau tokoh agama, melainkan tugas kepolisian.
“Razia dan sweeping itu merupakan tugas pokok kepolisian dan bukan Ormas,” tegas Masturi di sela-sela pemusnahan Miras di halaman Mapolres Boyolali, Jumat (26/5).
Masturi menegaskan, jika Ormas melakukan sweeping, justru menurut dia akan menjadi masalah. Terkait pengamanan dan ketertiban, Masturi menegaskan agar diserahkan kepada jajaran kepolisian dan supaya Ormas tidak bertindak sendiri-sendiri.
Senada, Ketua Majelis Ulama Islam (MUI) Boyolali, Habib Ichsanudin mengatakan posisi kepolisian harus di depan untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Sedangkan elemen masyarakat lainnya, termasuk Ormas, semestinya ikut menjaga Boyolali tetap aman dan kondusif.
“Kami juga siap ikut menjaga Boyolali tetap aman,” kata dia.
Terpisah, Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menyambut baik sikap FKUB dan MUI Boyolali tersebut. Kapolres menegaskan bahwa berkaitan dengan penegakan hukum, sepenuhnya menjadi tugas kepolisian.
“Yang sifatnya penegakan hukum jangan, seperti razia atau sweeping maupun operasi-operasi lainnya. Percayakan saja pada kami kepolisian, Ormas tidak perlu sweeping,” terang Kapolres.
Dijelaskan Kapolres, sweeping atau razia merupakan kegiatan yang bersifat penegakan hukum, sehingga jika Ormas melakukan razia justru hasilnya akan kontraproduktif. Kapolres berharap Ormas bisa menjadi mitra kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Namun jika sebaliknya Ormas nekat melanggar, pihaknya tidak segan melakukan penertiban.
“Kalau nekat dan melanggar aturan pasti kami tertibkan,”tegas dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top