PUASA DAN LEBARAN, WASPADAI MAKANAN KADALUARSA

PUASA DAN LEBARAN, WASPADAI MAKANAN KADALUARSA
Posted in Informasi
Posted on: June 5th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali mengimbau masyarakat untuk waspada makanan dan minuman kadaluarsa. Kewaspadaan diperlukan mengingat selama puasa dan Lebaran, biasanya permintaan konsumsi makanan dan minuman meningkat tajam. Di sisi lain, peningkatan permintaan konsumen ini kadang dimanfaatkan pedagang untuk “cuci gudang”, menghabiskan stok termasuk barang yang sudah atau hampir kadaluarsa.

“Kami minta masyarakat hati-hati dan jeli sebelum membeli, perhatikan tanggal kadaluarsanya,” ungkap Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Lina.
Lina mengatakan, makanan dan minuman yang patut diwaspadai terutama yang tidak memiliki izin produksi, kadaluarsa, maupun yang mengandung pewarna atau bahan pengawet yang dilarang digunakan pada makanan. Bahan pengawet tersebut antara lain yakni formalin, boraks, dan rhodamin B.
Untuk mengantisipasi peredaran makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan tersebut, Lina mengatakan Pemkab Boyolali sudah membentuk tim pemantau yang antara lain melibatkan Dinkes, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan Perikanan.
“Masyarakat jika ada yang menemukan makanan atau minuman mencurigakan, bisa menghubungi kami di kantor atau cukup melalui telepon 0276 321009,” terang Lina.
Imbauan yang sama juga dilontarkan Komisi IV DPRD Boyolali. Anggota Komisi IV, Agus Ali Rosidi mengatakan bisa jadi pedagang untuk menghabiskan stok, akhirnya menjual dagangan yang sebenarnya sudah kadaluarsa.
“Masyarakat memang harus hati-hati. Di sisi lain, instansi terkait harus memperketat pengawasan,” imbuh dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top