1.067 KIP DIBAGIKAN JOKOWI KEPADA SISWA YATIM PIATU

1.067 KIP DIBAGIKAN JOKOWI KEPADA SISWA YATIM PIATU
Posted in Informasi
Posted on: January 30th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Presiden Jokowi membagikan 1.067 Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa yatim piatu dan panti asuhan dari sejumlah kabupaten/kota di SMKN 1 Mojosongo, Senin (30/1). Dihadapan ribuan siswa, Jokowi meminta agar bantuan uang dalam bentuk KIP tersebut, digunakan semestinya untuk kepentingan sekolah.
“Hati-hati dalam menggunakannya, kalau tidak diperlukan ya jangan diambil. Tetapi kalau perlu sekali, seperti untuk beli sepatu atau buku atau yang berkaitan dengan sekolah silahkan,” ungkap Jokowi.
Jokowi juga memperingatkan dengan tegas, KIP tidak boleh disalahgunakan untuk membeli kebutuhan diluar kebutuhan sekolah. Misalnya saja untuk membeli pulsa telepon seluler dan sebagainya. Dengan tegas Jokowi menyatakan, jika kedapatan menyalahgunakan KIP, maka pihaknya tak segan mencabut kartu tersebut.
“Simpan dengan baik kartunya, karena setiap tahun akan diisi. Kalau ketahuan disalahgunakan kartu langsung dicabut,” tegas Jokowi.
Dalam kesempatan itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan sebanyak 19 juta KIP yang dibagikan pada seluruh siswa se-Indonesia. Selain itu juga terdapat sebanyak 890 ribu KIP untuk anak yatim piatu. Sedangkan di tahun 2017 ini menurut Puan terdapat tambahan penerima KIP, yakni sebanyak 736 ribu siswa. Bantuan KIP tersebut berupa uang dalam bentuk kartu senilai Rp 500 ribu untuk siswa SD, Rp 750 ribu untuk siswa tingkat SMP, dan Rp 1 juta untuk siswa tingkat SMA/SMK.
“KIP kali ini untuk 1.067 siswa yatim piatu dari sejumlah daerah seperti Solo, Karanganyar, Klaten, Sukoharjo, Boyolali, dan Salatiga,” terang dia.
Khusus untuk Boyolali, menurut Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boyolali, Sri Sugiarti, sebanyak 171 siswa yatim piatu yang menerima KIP langsung dari Presiden Jokowi. Pemberian KIP ini jelas dia, langsung dari data pokok kependidikan di setiap sekolah dan transaksinya langsung ke kementerian.
Sementara itu, kedatangan Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan hadiah sepeda bagi sejumlah siswa yang beruntung.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top