PRESIDEN AKAN HADIRI LAUNCHING KITE IKM DI TUMANG

PRESIDEN AKAN HADIRI LAUNCHING KITE IKM DI TUMANG
Posted in Informasi
Posted on: January 12th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Sentra industri tembaga Tumang, Cepogo, Boyolali terpilih menjadi tempat untuk launching Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industi Kecil dan Menengah (KITE IKM) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Selasa (31/1) mendatang. Tumang lolos survei yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai wilayah di Indonesia. Hal ini disampaikan Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Deni Surjantoro, dalam rapat koordinasi bersama launching KITE IKM di Gedung Lembu Sora Boyolali, Rabu (11/1). “KITE IKM merupakan kebijakan pembebasan bea masuk dan pajak impor bagi IKM yang memerlukan impor bahan baku, sepanjang hasil produksinya diekspor dan akan diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo di sentra tembaga Tumang, Boyolali,” terang Deni.

KITE IKM merupakan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN dan PPNBM atas impor barang/ dan atau bahan untuk diolah, dirakit dan/atau dipasang pada barang lain dengan tujuan ekspor. Kebijakan KITE IKM ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha IKM dalam mengembangkan usahanya.

Tumang terpilih karena proses bisnisnya benar-benar mewakili tujuan dari fasilitas KITE IKM. Banyak perajin tembaga yang produksinya diekspor ke Eropa, namun bahan bakunya selama ini diperoleh melalui distributor. Dengan fasilitas KITE IKM, rantai pasok akan dipotong, dan bea masuk dan PPN impor akan bebaskan. Melalui kebijakan ini, harga produk kerajinan tembaga asal Tumang nantinya akan lebih kompetitif karena ongkos bahan baku lebih hemat.

Kegiatan yang akan diberi tema 100 % Indonesia ini diikuti sejumlah IKM dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Lombok, Bali, Surabaya, Yogyakarta dan lain sebagainya. Mereka akan mengikuti rangkaian kegiatan berupa pameran dan workshop IKM yang diharapkan dapat mendorong untuk bisa memasarkan produknya melalui ekspor dan berbagai kemudahan dalam impornya.

Sementara Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyampaikan “Kegiatan ini akan menjadi satu anugerah bagi Tumang, hampir mayoritas pengrajin tembaga yang sudah ekspor dengan arah kebijaksaan ini bisa memberikan keberkahan bagi Tumang”. Melalui kegiatan ini, Wabup Said juga mengharapkan bisa memberikan dorongan bagi perajin IKM lainnya dan menjadi dorongan positif di Kabupaten Boyolali.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top