PPDB BOYOLALI LANCAR

PPDB BOYOLALI LANCAR
Posted in Informasi
Posted on: June 20th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Tak seperti di daerah lain, proses pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di Boyolali berlangsung lancar. Termasuk di antaranya pengumuman PPDB secara online tanpa kendala dan memudahkan siswa melihat pengumuman. Terkait pendaftar Gakin yang menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) juga tidak ada kendala dalam proses verifikasi.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Boyolali, Agung Wardoyo menyebutkan belum ada temuan penggunaan SKTM yang meragukan di Boyolali. Bahkan menurut dia, dari hasil verifikasi yang dilakukan, tidak menemukan adanya masalah.

“Sudah sesuai dengan kondisinya dan tidak ada yang direkayasa,” ungkap Agung kemarin.

Dijelaskan Agung, mengantisipasi penyalahgunaan SKTM, pihaknya sejak awal sudah menugaskan tim verifikasi sejak awal. Jika kemudian ada yang meragukan, tim tersebut langsung melakukan survei kepada pendaftar yang bersangkutan.

Agung yang juga Kepala Sekolah SMAN 1 Boyolali ini mengatakan, untuk SMAN 1 Boyolali jumlah kuota siswa baru tahun ini sebanyak 288 dengan jumlah pendaftar sebanyak 329 siswa.

“Sedangkan jumlah gakin sebanyak 23 siswa,” terang dia.

Senada, Ketua MKKS SMK Boyolali, Kasiswo menyebutkan sesuai hasil verifikasi seluruh siswa pendaftar yang menggunakan SKTM sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Hasil verifikasi tersebut menurut dia disampaikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah apa adanya.

“Semuanya setelah diverifikasi sesuai dengan kondisinya,” kata dia.

Menurut Kasiswo yang juga kepala SMKN 1 Boyolali itu, di sekolahnya juga terdapat 84 siswa Gakin. Dibandingkan dengan kuota penerimaan keseluruhan sebanyak 423 siswa, jumlah tersebut diakuinya lebih dari 20 %. Namun selama pendaftaran dilakukan sesuai dengan mekanisme dan sistem, akan tersortir secara otomatis dan tidak bisa disortir lagi.

Sementara itu sebagian SMA dan SMK di Boyolali belum terpenuhi kuota PPDB sehingga harus melangsungkan pendaftaran gelombang II, Senin-Selasa (19-20/6).

Menurut Kasiswo hampir semua SMK Negeri di Boyolali membuka gelombang II PPDB. Hal ini diduga lantaran ada jurusan yang sangat diminati serta sebaliknya. Misalnya saja untuk jurusan Pemasaran, belum terpenuhi kuotanya.

“Sedangkan yang paling diminati itu jurusan Akuntansi,” kata dia.

Agung menambahkan, untuk SMAN 1 seluruh kuota sudah terpenuhi. Namun banyak SMAN lainnya yang harus membuka pendaftaran gelombang II. Untuk PPDB gelombang II itu mereka melakukan secara online.

Terpisah, pendaftaran secara online berlangsung lancar karena didukung jaringan internet yang baik. Salah satu siswa yang mendaftar di SMAN 1 Boyolali, Andriani misalnya, mengaku tidak ada kendala untuk pengumuman online.

“Alhamdulillah diterima, internetnya lancar dan tidak ada masalah,” imbuh dia. (ARB)

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top