PONPES DARUL ILMI MUDAL : BUKAN PONPES EKSKLUSIF DAN DEKAT DENGAN MASYARAKAT

PONPES DARUL ILMI MUDAL  :  BUKAN PONPES EKSKLUSIF DAN DEKAT DENGAN MASYARAKAT
Posted in Headline
Posted on: April 23rd, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Berdiri sejak 2015, Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ilmi yang beralamat di Dawung Jlengut;Mudal;Boyolali ini berkomitmen untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat. Ponpes di bawah Yayasan Pawirorejo tersebut dipimpinan Susilo Siswo Utomo , sepakat dengan kiprah Ponpes dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Susilo Siswo Utomo sendiri merupakan putra asli Boyolali yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM pada tahun 2013-2014.
Hal tersebut disampaikan Direktur Ponpes Darul Ilmi, Ibnu Yassir disela acara Gerakan Santri Menyapa (GSM) IV di area Ponpes setempat, Minggu (23/4). “Ponpes kami dengan Yayasan Pawirorejo mencoba menjadi dekat dengan masyarakat dan tidak menjadi Ponpes yang eksklusif,” terang Ibnu.
Hal itu lanjut Ibnu diwujudkan salah satunya melalui kegiatan GSM IV ini yang melibatkan partisipasi masyarakat. Dalam GSM IV ini dilakukan kegiatan pokok yakni cek kesehatan bagi masyarakat. Selain itu terdapat rangkaian kegiatan lain seperti bazar dan kegiatan perlombaan Islami dan hiburan.
“Kami juga menggandeng pengusaha muslim di Boyolali untuk mengikuti bazar,” imbuh Ibnu. Pihaknya berharap, bazar dapat mampu menggali kebangkitan ekonomi umat melalui pesantren. Bazar digelar di area ponpes dan pemukiman warga ini berupa stan penjualan sembako murah, penjualan produk makanan dan minuman, pakaian dan seni lukis henna serta produk lain.
Sementara untuk perlombaan Islami meliputi lomba adzan, lomba tahfidz, lomba mewarnai dan menggambar kaligrafi, cerdas cermat serta dai cilik. Kemudian untuk lomba hiburan meliputi lomba balap karung, futsal dan makan kerupuk. Pihak Ponpes mewacanakan akan memberi pembinaan lebih lanjut bagi yang berprestasi dalam lomba.
Sebagai informasi Ponpes di bawah Yayasan Pawirorejo ini saat ini memiliki santri 23 orang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia seperti Boyolali, Palembang, Medan, Solo dan sebagainya. Tujuan dari ponpes ini menciptakan santri yang hafal Al Quran, mengetahui pelajaran Islam dasar dan memiliki ketrampilan dan kemandirian dakwah. Hal itu disiapkan agar santri lulusan pesantren program satu tahun ini dapat terjun di masyarakat.
 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top