POLRES BOYOLALI AKAN BERI PELATIHAN BAGI LINMAS

POLRES BOYOLALI AKAN BERI PELATIHAN BAGI LINMAS
Posted in Informasi
Posted on: February 1st, 2018 Oleh Administrator

BOYOLALI – Perlindungan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Linmas di Kabupaten Boyolali saat ini semakin hari mampu menunjukan dedikasinya. Keterlibatan Linmas yang juga biasa disebut Hansip (Pertahanan Sipil) saat ini juga berperan dalam menjaga masyarakat. Karena tidak lama lagi, jajaran Polres Boyolali akan menggemblengnya dengan latihan khusus untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi membenarkan hal tersebut. Diharapkan dengan adanya latihan dan pembinaan, kemampuan Linmas dapat dimaksimalkan agar keamanan dan ketertiban masyarakat dapat semakin terjaga.

“Kami perlu meningkatkan kapasitas hansip sebagai kepanjangan tangan aparat penegak hukum di lingkungan masyarakat,” kata Aries usai simulasi PAM TPS dan Sispamkota Polres Boyolali, di halaman Gedung KPU Boyolali, pada Rabu (31/1).

Peran kedua pelindung masyarakat khususnya Linmas dirasa sudah cukup baik dalam melaksanakan kegiatan tersebut, namun terdapat anggota Linmas yang belum maksimal dalam melaksanakan tugas terlebih lagi perekrutan anggota yang hanya berdasarkan kesukarelaan warga. Peran Linmas yang memiliki andil dalam menjaga keamanan sekaligus sebagai pelindung garda terdepan sangat penting bagi masyarakat, terlebih saat ini menjelang digelarnya pesta demokrasi Pilkada Gubernur Jawa Tengah serta menyongsong tahun politik 2019.

“Kami instruksikan kepada Polsek di masing-masing kecamatan agar anggota Linmas mempunyai wawasan tentang kegiatan pengamanan. Hansip harus bisa memiliki kemampuan pengamanan yang lebih dibanding masyarakat pada umumnya.,” ujar Aries.

Satpol PP Kabupaten Boyolali sangat mengapresiasi langkah Polres Boyolali. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Satpol PP Boyolali, Susilo Hartono. Menurutnya pelatihan dan pembinaan Linmas dan Hansip mampu membantu Pemerintah Kabupaten Boyolali dalam meningkatkan kemampuan Linmas di Boyolali mengingat bahwa jumlah kapasitas Linmas di desa – desa sudah tergolong cukup banyak.

“Jumlahnya (Hansip) sangat banyak sekali. Setiap desa punya 30-50 anggota Hansip,” ungkap Susilo.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top