PKK DAN BPJS KESEHATAN BOYOLALI GELAR PENYULUHAN DETEKSI DINI KANKER SERVIX DAN IVA TEST

PKK DAN BPJS KESEHATAN BOYOLALI GELAR PENYULUHAN DETEKSI DINI KANKER SERVIX DAN IVA TEST
Posted in Headline
Posted on: April 18th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada November tahun lalu yang bertujuan untuk penguatan pembangunan kesehatan di Indonesia. Gerakan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif ini melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Boyolali, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Boyolali gelar Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Payudara, Selasa (18/4) di Aula Puskesmas Boyolali I. Acara yang dirangkai dengan Pemeriksaan IVA dan CBE diikuti berbagai unsur organisasi wanita di Boyolali.

 GERMAS ini bertujuan untuk membudayakan hidup sehat di masyarakat sehingga angka kesakitan menurun danproduktivitas meningkat.

 Hal tersebut disampaikan oleh Muji Hariyanti, Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer (MPKP) BPJS Kesehatan Cabang Boyolali. “GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat,” ungkap Muji.

 Lebih lanjut Bu Muji menambahkan, melalui penyuluhan kesehatan dan deteksi dini suatu penyakit, akan menambah wawasan/pengetahuan masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan meningkatkan kualitas kesehatan, di sisi pembiayaan kesehatan dengan  deteksi dini akan mengefisienkan biaya pelayanan kesehatan.

 Mengamini, Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali, Desi Adiwarni Said Hidayat mengungkapkan saat ini penyebab kematian telah bergeser dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. “Pemeriksaan deteksi dini ini sangat diperlukan mengingat kasus penyakit menular bergeser ke penyakit tidak menular salah satunya kanker servix,” terang Desi.

 Lebih lanjut Desi menambahkan kegiatan pencegahan penyakit lebih baik daripada mengobati. Untuk itu pihaknya menghimbau masyarakat untuk melaksanakan GERMAS dengan cara melakukan melakukan aktifitas fisik dengan olahraga secara teratur, dan makan buah dan sayur, cek kesehatan secara teratur.

Pada kesempatan tersebut mengungkapkan kegiatan semacam ini sangat penting diinformasikan kepada masyarakat luas sehingga masyarakat tahu pentingnya hidup sehat.

“Deteksi dini penyakit menceggah munculnya kasus-kasus yang sulit dicegah untuk ditangani,” pungkas Desi.

Bagi peserta JKN KIS (BPJS Kesehatan), pemeriksaan IVA dapat dilakukan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan pemeriksaan papsmear dapat dilakukan di laboratorium yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit MPKPBPJS Kesehatan Boyolali atau melalui hotline 082135485050.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top