PILKADES SERENTAK , MASYARAKAT 15 DESA DIIMBAU GUNAKAN HAK PILIH

PILKADES SERENTAK , MASYARAKAT 15 DESA DIIMBAU GUNAKAN HAK PILIH
Posted in Headline, Informasi
Posted on: November 30th, 2016 Oleh Administrator

BOYOLALI : Masyarakat di 15 desa yang menggelar Pilkades serentak 1 Desember besok, diimbau untuk menggunakan hak pilih mereka. Meski tidak ada ketentuan quorum dalam Pilkades, namun hak pilih merupakan hak konstitusional.  Demikian diungkapkan Asisten Pemerintahan Setda Boyolali, Untung Raharjo, Rabu (30/11). Menurut Untung, meski dalam peraturan Pilkades tidak ada ketentuan quorum warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), namun pihaknya berharap warga tetap menggunakan hak suara mereka untuk memilih pemimpin desa sesuai hati nurani. “Jangan abstain, tetapi gunakan hak pilih sebaik-baiknya dalam pemungutan suara secara e-voting besok,” ungkap Untung.  Sekalipun demikian, pada pemungutan suara secara e-voting selain terdapat opsi gambar Cakades, juga terdapat kolom kecil yang berisi opsi abstain. Untung mengatakan, akan sangat disayangkan jika ada warga yang abstain karena pasti ada beberapa pilihan calon yang terbaik.

Sementara itu, sehari sebelum pelaksanaan Pilkades serentak merupakan masa tenang. Sehingga menurut Kabag Pemdes Setda Boyolali, Arief Wardianta, seluruh calon dilarang melakukan kampanye dan harus membersihkan atribut-atribut kampanye.  “Kalau buka pintu di rumah masing-masing silahkan, tetapi tetap tidak boleh kampanye,” terang dia.  Sementara itu beberapa hal yang menarik terdapat dalam gelaran Pilkades serentak kali ini, salah satunya yakni adanya persaingan antara adik kakak bahkan ibu anak. Di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono misalnya, dari empat Cakades, dua di antaranya merupakan hubungan adik dan kakak. Mereka yakni Sujarwanto yang mendapatkan nomor urut 1 dan adiknya, Sri Sadono dengan nomor urut 3. Di lain tempat, di Desa Salakan, Kecamatan Teras, Kades petahana, Parjini juga akan bertarung dengan anaknya sendiri, Daru Tri Laksono. Hanya saja, masih ada calon lain yang ikut bertarung, yakni Slamet.
Sebanyak 15 desa yang menggelar Pilkades serentak yakni Tarubatang (Selo), Gubug dan Kembangkuning (Cepogo), Ngagrong (Ampel), Jurug dan Manggis (Mojosongo), Salakan dan Kopen (Teras), Dukuh (Banyudono), Tegalrejo (Sawit), Temon (Simo), Kedungrejo (Kemusu), Sendangrejo dan Karanggatak (Klego), dan Manyaran (Karanggede).

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top