PILKADES SERENTAK LIMA DESA BERLANGSUNG LANCAR

PILKADES SERENTAK LIMA DESA BERLANGSUNG LANCAR
Posted in Headline
Posted on: July 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Pemilihan kepala desa (Pilkades) elektronik serentak di lima desa di Boyolali berlangsung lancar, Kamis (20/7). Tingkat partisipasi masyarakat pun terhitung tinggi dan warga antusias datang ke tempat pemilihan.
Lima desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak e-voting tersebut yakni Desa Jeruk, Kecamatan Selo; Desa Jenengan, Kecamatan Sawit; Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak; Desa Pinggir, Kecamatan Karanggede, dan Desa Ketaon, Kecamatan Banyudono.
Antusiasme warga di antaranya terlihat di Pilkades Ketaon. Warga yang memadati tempat pemungutan suara di balaidesa setempat, meski sempat berdesak-desakan namun antre dengan tertib. Sebanyak empat calon kepala desa (Cakades) yang maju dalam Pilkades Ketaon kali ini.
Ketua Panitia Pilkades Ketaon, Widodo, menyebutkan jumlah pemilih di desanya sebanyak 3.294 orang. Sedangkan empat Cakades yang maju yakni Martono, Ari Wibowo, Bilal Fajar M, dan Yanuar Nugroho.
“Kami siapkan lima bilik suara agar pemungutan berjalan lancar,” kata dia.
Kondisi yang sama juga terpantau di Pilkades Desa Jenengan, yang diikuti tiga Cakades. Untuk menjaga ketertiban dan kelancaran proses pemungutan suara, panitia Pilkades Jenengan mengantisipasinya dengan membuat sekat ruang tunggu antrean dengan bambu. Selain itu, panitia juga menyiapkan kursi lebih banyak bagi warga yang tengah menunggu antrean.
Kondusifitas Pilkades juga terpantau di Desa Jeruk, Kecamatan Klego; Desa Pinggir, Kecamatan Karanggede maupun di Desa Giriroto, kecamatan Ngemplak. Seluruh jalannya Pilkades dapat berlangsung lancar.
Kepala Dinas Pemberdayaan masyaakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto,membenarkan tingkat partisipasi masyarakat pada Pilkades di lima desa ini cukup tinggi meskipun ada sejumlah pemilih yang tidak hadir. Bahkan berdasarkan perhitungan, suara yang masuk mencapai 88 persen.
“Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkades di lima desa ini cukup tinggi,” kata dia.
Sementara itu hasil Pilkades di lima desa tersebut, Pilkades Desa Ketaon dimenangkan Martono dengan perolehan suara 1.194. Sedangkan di Desa Jeruk, Pilkades dimenangkan oleh Joko dengan perolehan suara 685. Di Desa Giriroto, petahana yaitu Purwanto, mampur mempertahankan jabatannya untuk periode selanjutnya dengan perolehan  suara 1.719 suara.
Pilkades Jenengan, berhasil dimenangkan Joko Siswanto dengan perolehan terbanyak yakni 1.117 suara. Terakhir, Pilkades di Desa Pinggir, Wahyudi keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara 1.092 suara. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top