PILKADES SERENTAK II DI GELAR APRIL 2017

PILKADES SERENTAK II DI GELAR APRIL 2017
Posted in Headline
Posted on: December 23rd, 2016 Oleh Administrator
 BOYOLALI : Setelah sukses gelaran Pilkades serentak tahap I pada 1 Desember kemarin, Pilkades serentak tahap selanjutnya segera digelar pada April 2017 mendatang.
Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Boyolali, Arief Wardianta saat ini tengah bersiap untuk Pilkades serentak tahap II, yang direncanakan pada minggu ke-3 April 2017. Sejumlah desa yang ikut dalam Pilkades tahap dua yang direncanakan pada April mendatang yakni Giriroto, Kecamatan Ngemplak; Jenengan, Kecamatan Sawit; Jeruk, Kecamatan Selo; dan Pinggir, Kecamatan Karanggede. Sedangkan untuk batas akhir waktu pendaftaran bakal calon Kades yakni pada minggu pertama atau kedua Januari nanti.
“Sisa desa-desa yang belum menggelar Pilkades, sebanyak 241 desa dijadwalkan ikut Pilkades serentak berikutnya tahun 2020 mendatang,” ungkap Arief, Jumat (23/12).
Sementara itu. Pilkades serentak tahap pertama kemarin, yang semestinya diikuti 16 desa, satu desa harus ditunda lantaran hanya ada calon tunggal, yakni Desa Glintang, Kecamatan Sambi. Pilkades lanjutan untuk Desa Glintang direncanakan akan dilangsungkan pada 18 Januari 2017 nanti. Sedangkan batas waktu pendaftaran bakal calon Kades akan dilangsungkan hingga pertengahan Januari.
Selain agenda Pilkades serentak, diakui Arief dimungkinkan ada Pilkades antar waktu. Pilkades ini jelas Arief, dilakukan jika terdapat Kades yang berhenti di tengah rentang waktu masa tugas. Beberapa faktor berhentinya Kades tersebut bisa dikarenakan mundur diberhentikan, dipecat, meninggal dunia, maupun faktor lainnya. Pilkades antar waktu bisa dilakukan jika sisa masa jabatan Kades yang bersangkutan lebih dari satu tahun.
“Jadi kalau misalnya sisa waktu nya hanya dua bulan atau kurang dari setahun, maka akan diikutkan pada Pilkades serentak tahap berikutnya,” jelas dia.
Untuk mekanisme Pilkades antar waktu tersebut, menurut Arief mekanismenya sama, uakni syarat jumlah calon harus minimal dua. Selain itu, proses pemilihannya akan melalui musyawarah desa (Musdes), dengan jumlah pemilih sekitar 100 orang. Pilkades antar waktu ini menurut Arief, mengacu pada Perda 11/2015 tentang Pengangkatan, Pencalonan , dan Pemberhentian Kepala Desa. Pilkades antar waktu ini baru berlaku bagi Kades hasil Pilkades 1 Desember 2016 kemarin.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top