PILIH KETUA RW BOYOLALI GUNAKAN E-VOTING

PILIH KETUA RW BOYOLALI GUNAKAN E-VOTING
Posted in Informasi
Posted on: January 8th, 2017 Oleh Administrator

 

BOYOLALI : Setelah Pilkades serentak dengan menggunakan sistem e-voting, kali ini pemilihan ketua RW pun juga sudah mulai menggunakan sistem elektronik tersebut. Pemanfaatan teknologi terus dilakukan masyarakat Boyolali, salah satunya karena dinilai cepat, akurat, dan sangat murah. pemilihan.

Salah satunya seperti yang dilakukan warga RW 002, Kelurahan Pulisen, Kecamatan Boyolali Kota, yang tengah memilih ketua RW setempat, Minggu (8/1). Proses pemilihan pun diikuti dengan antusias ratusan warga yang hadir.

Ada tujuh calon yang bertanding dalam ajang pemilihan ketua RW tersebut. Mereka yakni Nasib, Gatot Mawardi, Sihwanto, Sudarman, Tukiman, Sutrisno, dan Rusbagyo. Ketujuh calon tersebut merupakan jago dari masing-masing RT yang ada di RW 002.

Sementara itu, penggunakan perangkat komputer untuk pemilihan secara e-voting ini tidak menyulitkan warga, termasuk para Lansia. Surti (75) misalnya, mengaku cukup mudah memberikan pilihan. “Mudah ini, tinggal pilih gambar di layar dari pada nyoblos kertas,” tutur dia.

Menurut Lurah Pulisen, Radityo Sumarno, pemilihan dilakukan dengan menggunakan e-voting lantaran sistem ini selain cepat dan akurat, biayanya sangat murah. Mekanisme e-voting juga dipilih lantaran jumlah warga di RW 002 termasuk sangat gemuk, yakni mencapai 700 orang yang memiliki hak suara. Sehingga dengan sistem ini, hasil pemilihan pun dapat segera diketahui.

“Untuk pemilihan ini tidak mengeluarkan uang sama sekali, jadinya sangat murah,” ungkap dia.

Kecepatan sistem e-voting ini pun langsung terlihat. Hasil pemilihan pun langsung diketahui, dan Rusbagyo yang akhirnya muncul sebagai peraih suara tertinggi, yakni 131 suara. Terkait penerapan e-voting di tingkat pemilihan ketua RW ini, diapresiasi oleh Wakil Bupati Boyolali, M Said Hidayat, yang hadir dan turut memantau langsung.

“Sangat bagus sekali. Masyarakat yang lain kalau ingin menggunakan perangkat e-voting, silahkan menggunakan perangkat yang ada di Pemkab,” imbuh dia.

 

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top