PETANI LERENG MERAPI-MERBABU KEMBALI GELAR RITUAL TUNGGUK TEMBAKAU

PETANI LERENG MERAPI-MERBABU KEMBALI  GELAR RITUAL TUNGGUK TEMBAKAU
Posted in Informasi
Posted on: July 28th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Memasuki musim panen tembakau tahun ini, petani tembakau lereng Gunung Merapi-Merbabu kembali menggelar tradisi Tungguk Tembakau. Tradisi yang digelar dalam rangka menyambut musim panen tembakau, akan digelar mulai Sabtu (29/7) hingga Minggu (6/8).
Prosesi ritual Tungguk Tembakau ini akan digelar di Desa Senden, Kecamatan Selo, Boyolali. Selain diisi dengan rangkaian kegiatan ritual, tradisi ini dimulai dengan upacara ritual petik perdana daun tembakau serta pesta rakyat.
Ketua panitia acara, Dwi Kristanto, mengatakan selain kegiatan ritual dan pesta rakyat, tahun ini tradisi Tungguk Tembakau juga akan dilangsungkan lebih berwarna, di antaranya dengan diselenggarakannya kegiatan Kampung Budaya.
“Di Kampung Budaya ini akan diisi dengan banyak kegiatan, antara lain workshop budaya, lomba-lomba dolanan anak, lomba macapat, geguritan, serta baca-tulis aksara Jawa,” ungkap dia.
Kegiatan dengan mengangkat seni budaya lokal tersebut juga diperkaya dengan berbagai kegiatan lain, di antaranya yaitu pentas ketoprak, kolaborasi parade kesenian rakyat, pagelaran wayang kulit, campursari, kuliner khas Boyolali, hingga gelaran Panen Jazz Festival.
Tak hanya kegiatan taraf lokal yang digelar dalam rangkaian tradisi ini, menurut Kristanto pihaknya juga menyiapkan sejumlah acara bertaraf internasional. Salah satunya yakni Tobacco Karawitan International Contest, Indonesian Panen Dance Festival Tobacco, Photography Contest, dan Tobacco Fun Walk.
Terlepas dari berbagai kegiatan di atas, ritual Tungguk Tembakau ini menurut Kristanto merupakan wujud rasa syukur warga lereng Merapi-Merbabu kepada Tuhan atas hasil panen tembakau mereka. Rasa syukur tersebut dipanjatkankan atas karunia tumbuh suburnya tanaman tembakau yang menjadi andalan masyarakat lereng Merapi-Merbabu terutama di musim kemarau. (AR)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top