PETANI LERENG MERAPI BERHARAP CUACA BERSAHABAT

PETANI LERENG MERAPI BERHARAP CUACA BERSAHABAT
Posted in Informasi
Posted on: May 20th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Petani lereng Gunung Merapi-Merbabu saat ini mulai memasuki musim tanam tembakau, sehingga sebagian besar mereka beralih dari sayur-mayur ke tanaman tembakau.
Memasuki musim kemarau, kondisi permukaan tanah saat ini dinilai paling tepat untuk mulai menanam bibit tembakau. Kondisi ini dikarenakan lapisan permukaan tanah mulai mengering, namun tingkat kelembaban masih cukup untuk menyokong pertumbuhan tembakau.
Sejumlah petani di Desa Samiran, Kecamatan Selo misalnya, saat ini mayoritas sudah mulai bertanam tembakau. Mereka berharap tahun ini kondisi cuaca akan mendukung sehingga hasil panen tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.
“Kalau musim kemarau seperti ini sayuran susah ditanam, sehingga kebanyakan beralih ke tembakau,” ungkap salah satu petani, Kamto (35), Jumat (19/5).
Menurut Kamto, hasil panen tahun kemarin sudah cukup bagus meskipun sepanjang tahun lalu cukup sering turun hujan. Tahun ini Kamto dan petani tembakau lainnya berharap kondisi cuaca bersahabat sehingga kualitas tembakau mereka akan semakin baik dan mendongkrak harga jual.
Untuk persiapan tanam, sebagian petani sudah menyemai bibit tembakau sejak Februari kemarin. Namun sejumlah petani lainnya, cukup membeli bibit dan tinggal menanamnya di ladang.
Dengan musim tanam saat ini, menurut Kamto diperkirakan pada Agustus-September mendatang mereka dapat panen daun tembakau. Hal ini dikarenakan masa tumbuh tembakau hingga usia panen yakni 6-7 bulan.
Musim panen tahun kemarin, menurut Kamto hasilnya cukup bagus dan harga jualnya juga stabil sejak panen pertama hingga terakhir. Rata-rata harga jual daun tembakau menurut dia yakni Rp 4.000-5.000/kg daun basah. Sementara untuk tembakau kering bisa mencapai Rp 65.000-70.000/kg.
Senada, petani lain, Khosim (50), mengaku selama beberapa tahun terakhir petani tembakau di Samiran tidak kesulitan dalam menjual hasil panen mereka. Hal ini dikarenakan sejak tiga tahun terakhir, petani sudah bermitra dengan salah satu gudang tembakau yang ada di Magelang.
“Hasil panen kami dijamin diterima gudang selama kualitasnya sesuai standar. Karenanya, kami berharap tahun ini cuaca bersahabat,” terang dia. ()

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top