PERPUSTAKAAN BUKAN HANYA SEKEDAR MEMBACA BUKU,  TAPI SEBAGAI TEMPAT WISATA

PERPUSTAKAAN BUKAN HANYA SEKEDAR MEMBACA BUKU,  TAPI SEBAGAI TEMPAT WISATA
Posted in Informasi
Posted on: February 7th, 2018 Oleh Administrator

BOYOLALI – Berbagai cara dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinas Arpus) untuk membudayakan gemar membaca pada seluruh lapisan masyarakat Boyolali. Salah satu upaya yang terus menerus digenjot melalui Perpustakaan Keliling (Pusling) yang bergerak dengan membawa buku – buku berbagai ilmu pengetahuan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum.

Demi melancarkan inovasi perpustakaan, Dinas Arpus telah menyediakan armada untuk memfasilitasi. “Kami telah menyediakan tiga armada untuk perpustakaan keliling, antara lain ada satu unit mobil dan dua unit sepeda motor roda tiga,” ungkap Kepala Dinas Arpus Kabupaten Boyolali, Djoko Prasetyo di gedung Perpustakaan Daerah “Remen Maos” Boyolali, Rabu (7/2).

Adanya ketiga armada penunjang tersebut diharapkan mampu menjangkau wilayah wilayah yang meminta adanya kunjungan perpustakaan keliling. Armada mobil pusling sampai saat ini sudah mampu menjangkau wilayah sampai ke Kecamatan Juwangi, sedangkan armada roda tiga masih berkisar di wilayah Kecamatan Boyolali Kota dan sebagian Kecamatan Banyudono.

“Antusias siswa SD/MI di wilayah sangat luar biasa. Kita baru datang belum sampai parkir saja, siswa sudah menunggu. Begitu kita membuka pusling, siswa langsung “nggruduk” (ramai-red),” terang Kasi Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Bambang Suratno.

Ditambahkan pula olehnya, perpustakaan keliling Kabupaten Boyolali ini sangat ramai permintaan saat musim tengah semester sekolah tiba. Dalam seminggu, pusling bisa mendapat permintaan sekitar empat sampai lima sekolah. Pihaknya juga memberikan alternatif lain, jika pusling mengalami kewalahan dalam melayani permintaan. Pihak sekolah diminta untuk mengunjungi perpustakaan dengan layanan fasilitas yang tersedia. Selain menjadi tempat mendapatkan ilmu pengetahuan, siswa mampu menikmati berbagai wahana yang disediakan.

 

“Karena sekarang perpustakaan bukan hanya menjadi tempat untuk membaca, akan tetapi berubah menjadi tempat wisata atau tour pustaka,” paparnya.

 

Hal tersebut diiyakan oleh pengunjung perpustakaan, Siti Rutfatul Aini. Dia mengaku sangat nyaman dengan berbagai fasilitas yang ada di perpustakaan sehingga dia terbilang cukup sering mengunjungi. “Sudah cukup bagus, cukup lengkap, apalagi ada wi-fi,” ungkap warga Selo ini.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top