PERLUAS KANAL PENDAFTARAN, BPJS KESEHATAN TERAPKAN CARE CENTER 1500-400 DAN DROP BOX

PERLUAS KANAL PENDAFTARAN, BPJS KESEHATAN TERAPKAN CARE CENTER 1500-400 DAN DROP BOX
Posted in Informasi
Posted on: May 16th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat. Langkah tersebut ditempuh untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKNKIS).

 “Kini, calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup menghubungi 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service,” terang Kepala BPJS Keehatan Cabang Boyolali, M. Farid dalam konferensi pers tentang virtual service dan kanal pendaftaran di aula kantornya, Senin (15/5).

 Farid menambahkan, program layanan ini diperuntukan khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP). Secara nasional, pihaknya bakal memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

 Melalui layanan tersebut, lanjut Farid menambahkan, peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan untuk nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Namun ini masih untuk peserta PBPU atau peserta mandiri.

 Selain melaluui akses telepon, pihaknya juga telah membuka layanan pendaftaran melalui sistem drop box. Hal ini diterapkan di Kantor BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, Kantor Kecamatan serta pendaftaran melalui PPOB mitra kerja BPJS Kesehatan.

 “Upaya ini dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan dan kepuasan bagi peserta BPJS Kesehatan,” imbuh Farid.

 Berbagai terobosan yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan.

 Menurut Farid, hal yang harus dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 1500-400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor lnduk Kependudukan (NIK), Nomor Rekening Tabungan (BRI/BNl/Mandiri), Nomor handphone, Alamat Domisili/Tempat Tinggal (Untuk Pengiriman Kartu) dan Alamat Email Setelah syarat di atas siap, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

 Sebagai kewajiban peserta yang telah terdaftar via Care Center wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. Sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KlS ke alamat yang telah diinformasikan pada saat mendaftar.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top