PERLU UPAYA DETEKSI DINI UNTUK CEGAH RADIKALISME

PERLU UPAYA DETEKSI DINI UNTUK CEGAH RADIKALISME
Posted in Headline
Posted on: March 29th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Ancaman nyata radikalisme terus diantisipasi, di antaranya melalui upaya deteksi dini hingga lingkup terkecil yakni keluarga. Terkait ini, PGRI Boyolali melangsungkan seminar deradikalisasi dengan menghadirkan Badan Intelejen Negara (BIN), Rabu (29/03/2017).
Seminar yang dilangsungkan di Pendapa Alit Rumah Dinas Bupati itu, diikuti ratusan peserta yang berasal dari seksi agama OSIS SMA/SMK, tokoh agama, takmir masjid, tokoh masyarakat, guru agama Islam SD hingga SMA/SMK di Boyolali.
Direktur Informasi BIN, Wawan Purwanto, di sela-sela seminar menyatakan pihaknya terus mengingatkan para generasi muda maupun orang tua agar selalu waspada akan ancaman radikalisme. Wawan menegaskan bahwa ancaman radikalisme itu nyata dan hingga saat ini terus menjadi momok.
Upaya antisipasi di antaranya yakni pencegahan dini, di antaranya melalui kepedulian di tingkat keluarga. Menurut Wawan, jika perilaku tidak normal terdeteksi sejak di tingkat keluarga, maka dapat diantisipasi dengan pendekatan kekeluargaan untuk mengikis pengaruh tersebut.
Antisipasi lainnya yakni dengan memutus terjadinya recycle of history (pengulangan) oleh pelaku radikalisme yang sudah menjalani pidana dan deradikalisasi. Langkah ini dapat dilakukan dengan menerima para pelaku radikalisme ke kehidupan normal.
“Jangan justru dijauhi atau dikucilkan, tetapi diajak masuk ke dalam kehidupan normal,” ungkap dia.
Di sisi lain, pemerintah daerah juga dilibatkan untuk upaya deradikalisme, di antaranya dengan melibatkan pelaku yang sudah menjalani hukuman, dan melibatkannya dalam kegiatan-kegiatan sosial. Wawan menegaskan, upaya deradikalisasi ini tidak akan berhasil tanpa keterlibatan seluruh elemen masyarakat maupun pemerintah.
Sementara itu Ketua PGRI Boyolali, Darmanto, mengatakan bahwa seminar ini merupakan bentuk kontribusi PGRI untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Darmanto menyatakan ancaman radikalisme saat ini terjadi di mana saja sehingga harus diantisipasi sejak dini.
“Seminar ini bertujuan pencegahan dini perkembangan radikalisme. Karena deteksi dini itu perlu edukasi, sehingga kami melalui jalur pendidikan  ikut berpartisipasi dalam upaya antisipasi dini maupun deradikalisasi,” imbuh dia .

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top