PERINGATAN KE-53 HKN, TIGA KABUPATEN DEKLARASIKAN OPEN DEFECATION FREE

PERINGATAN KE-53 HKN, TIGA KABUPATEN DEKLARASIKAN OPEN DEFECATION FREE
Posted in Informasi
Posted on: November 12th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI – Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke–53 Tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Tengah, dipusatkan di Kabupaten Boyolali. Bertempat di depan Kantor Bupati Boyolali, Minggu (12/11) pagi, acara diawali dengan jalan sehat bersama warga masyarakat.
Dengan start dan finish di tempat yang sama, jalan sehat dimeriahkan dengan adanya doorprize lima sepeda motor serta 30 sepeda gunung.
Melalui tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, diharapkan semua keluarga dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat agar terwujud kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya menuju Indonesia Sehat.
Tema tersebut diambil seiring dengan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dalam memberikan bagi edukasi masyarakat agar berperilaku sehat, sehingga masyarakat mampu menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungannya.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga hadir dalam acara tersebut menjelaskan Provinsi Jawa Tengah masih memiliki permasalahan bidang kesehatan yang harus diselesaikan. Hal tersebut terutama kematian ibu hamil, masalah gizi buruk, penyakit demam berdarah, penyakit TBC dan HIV/AIDS.
“Permasalahan kesehatan yang menjadi prioritas kesehatan di Jawa Tengah, mari kita selesaikan bersama sama,” ungkap Gubernur Ganjar.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo sangat bangga sekaligus senang dengan suksesnya kegiatan Germas serta program pencanangan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembaramgan (BABS) di tiga Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.
“Luar biasa, ada tiga kabupaten sekaligus yang sudah berkomitmen mendeklarasikan ODF yakni Boyolali, Karanganyar, dan Wonogiri. Sehingga di Jawa Tengah sudah ada empat kabupaten yang ODF, dengan Kabupaten Grobogan yang terlebih dahulu telah ODF pada tahun 2016,” ujarnya.

Selain pencanangan ODF, Gubernur serahkan berupa jamban ke Kabupaten Kendal, kelambu berpestisida ke Kabupaten Purworejo, dan Kartu Jaminan Kesehatan di Kabupaten Boyolali. Ada pula kegiatan senam Germas, serta pencanangan Sukarelawan Kader Kesehatan Muda Komunitas Boyolali (SUKKMA KOBOY), serta penyerahan penghargaan dan hadiah lomba bidang kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017. (Tim Liputan Diskominfo Boyolali).

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top