PERINGATAN HARI AIDS KAMPANYEKAN BERANI TES

PERINGATAN HARI AIDS KAMPANYEKAN BERANI TES
Posted in Informasi
Posted on: December 5th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Dalam peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2017, Komisi Perlindungan AIDS (KPA) Kabupaten Boyolali terus gencar mengkampanyekan pemeriksaan untuk mendeteksi penderita HIV/AIDS di Boyolali. Pemeriksaan dimaksudkan untuk mencegah penularan penyakit tersebut. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S Lina dalam peringatan HAS 2017 yang digelar di Panti Marhaen, Selasa (5/12).

“Program yang harus kita pastikan adalah menemukan sebanyak mungkin penderita HIV/AIDS di lingkungan kita,” terang Ratri.

Hal tersebut dikarenakan dari target atau estimasi dari Provinsi bahwa terdapat 1.132 penderita namun saat ini baru terdeteksi 423 orang. Untuk itu pihaknya mengajak semua pihak untuk berani mengikuti tes HIV AIDS. Kampanye berani mengikuti tes diyakini mampu membantu pihak terkait dalam mencegah penularan.

 

“Dengan mengikuti tes, kita membantu masyarakat mencegah penularan. Karena jika tidak terdeteksi maka menularya lebih cepat,” imbuhya.

Melalui pola penanganan dan pencegahan sesuai dengan tema peringatan HAS tahun ini “Saya Berani, Saya Sehat” penyebaran HIV/AIDS dapat dikendalikan. Bahkan Pemkab Boyolali melalui Dineks Boyolali mempersilakan masyarakat untuk HIV/AIDS tanpa dipungut biaya atau gratis.

 

Sementara Kasi Pencegahan Pengendali Penyakit Menular, Dinkes Boyolali, dr. Iwan Wahyu Utomo terus melakukan jemput bola melakukan pemeriksaan masyarakat yang memiliki resiko terkena ODHA. Golongan yang akan disasar antara lain, Ibu hamil, komunitas Laki-laki Seks Laki-laki (LSL), wanita pekerja seks, Transgender (TG), Lesbi.

Pihaknya melakukan pemeriksaan secara mobile atau bergerak ke tempat-tempat beresiko di berbagai wilayah di Boyolali seperti kota Boyolali, Ngemplak, Banyudono dan Andong. Sasaran yang dituju menurut Iwan antara lain tempat karaoke, terminal dan pom bensin. “Kita tidak mendiskriminasi profesi tapi kita memprioritaskan pada tempat yang berisiko,” imbuh Iwan.

Sebagai informasi untuk fasilitas kesehatan di Boyolali yang siap menangani ODHA yakni RSUD Pandan Arang Boyolali,  Puskesmas I Boyolali,  Puskesmas Banyudono I,  RSU Andong,  RSU Simo dan Puskesmas Ngemplak.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top