PENTING, PERAN SEORANG IBU DALAM PERANG MELAWAN NARKOBA DAN PENYEBARAN HIV/AIDS

PENTING, PERAN SEORANG IBU DALAM PERANG MELAWAN NARKOBA DAN PENYEBARAN HIV/AIDS
Posted in Agenda
Posted on: December 7th, 2017 Oleh Administrator
BOYOLALI : Ribuan ibu-ibu dari perwakilan seluruh wilayah Boyolali, memadati Balai Sidang Mahesa atau dome Boyolali, Rabu (6/12). Ribuan ibu-ibu tersebut mengikuti  acara Talk Show yang bertajuk Peran Ibu dalam  Memerangi Bahaya Narkoba dan HIV-AIDS dengan pembicara artis sekaligus dokter, Lula Kamal.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain pembicara bintang tamu Revaldo, Marcel Siahaan. Tak hanya itu, talk show juga dihadiri Siti Atiqoh Supriyanti, yang tak lain adalah istri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Peran kaum ibu sangat dominan dalam membentengi anak terhadap berbagai bahaya, terutama bahaya penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang. Demikian disampaikan Lula Kamal kepada wartawan sebelum tampil sebagai pembicara. Peran ibu sangat vital mengingat ibu memiliki hubungan yang sangat dekat dengan anak dalam keluarga.

Lula menegaskan, kedekatan sang ibu salah satunya karena ibu lebih jeli dalam memperhatikan tingkah laku anak-anaknya. Setiap perubahan sekecil apapun pada anak, menurut Lula ibu akan mengetahuinya. Ini yang menurut dia menjadikan kedekatan ibu dengan anak sebagai benteng yang ampuh dalam mengantisipasi bahaya penyalahgunaan narkoba.

Lula menegaskan, bahaya narkoba saat ini membuatnya merinding lantaran dampaknya yang sangat besar. Jika terus dibiarkan, anak-anak yang menjadi korban akan semakin terpuruk hingga berdampak pada kesehatan maupun psikisnya.

“Oleh karenanya ibu harus lebih peka kepada anak-anaknya, terutama jika ada perubahan yang mungkin karena narkoba,” ungkap dia.

Menyikapi perilaku anak yang terlanjur mengkonsumsi obat-obatan terlarang, Lula mengatakan pentingnya untuk sering berbicara dari hati- ke hati antara ibu dengan anak. Komunikasi dari hati ke hati itu menurut dia sekaligus sebagai upaya mencari solusi terbaik untuk pemulihan dari ketergantungan narkoba yang sudah terlanjur dikonsumsi. Selain itu menurut Lula juga bisa dilakukan dengan bantuan dokter untuk upaya rehabilitasi.

Sementara itu, penyanyi terkenal Marcel, juga membenarkan pentingnya peran ibu dalam menanggulangi bahaya narkoba. Dia bahkan berbagi pengalaman pribadi yang bisa menjadi contoh, pernah salah satu kakaknya yang terjerat narkoba.

“Di situlah saya melihat besarnya peran ibu, terus berupaya membuka hati kakak untuk sembuh. Tak hanya itu, ibu juga berupaya agar kondisi ini tidak menjalar ke anak-anaknya yang lain dengan memberikan pengertian penuh kasih sayang. Hasilnya, kakak saya bisa sembuh dan ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya,” tutur Marcel.

Sementara itu Bupati Boyolali, Seno Samodro  menegaskan faktor ibu sangat penting dalam rangka penanggulangan narkoba.  Ke depan, Bupati menegaskan tidak hanya menggelar even seperti ini saja, karena pihaknya sudah menyiapkan rencana aksi yang jauh lebih riil. Salah satunya yakni dengan melibatkan NGO maupun LSM yang bergerak di bidang itu, untuk menyosialisasikan ke seluruh sekolah, utamanya tingkat SMA dan SMP yang ada di seluruh kecamatan di Boyolali.

“Talk show ini ibaranta lounching, nanti sudah disiapkan rencana aksi yang lebih riil tahun depan khususnya dalam rangka penanggulangan narkoba,” tegas Bupati. ARB

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top