PENGIRIMAN DUTA SENI UNTUK GENERASI EMAS BOYOLALI

PENGIRIMAN DUTA SENI UNTUK GENERASI EMAS BOYOLALI
Posted in Headline
Posted on: July 15th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Sebanyak 18 pelajar dari SMA/SMK di Boyolali terpilih sebagai peserta Duta Seni dan Misi Kebudayaan Boyolali 2017. Mereka terpilih dari 660 siswa yang mendaftar di awal tahun lalu. Bergabung dengan sejumlah kru pedamping hingga berjumlah 25 orang, melawat ke negara Austria, Ceko dan Swiss. Rombongan akan membawa nama Boyolali di negara tersebut selama 10 hari pada Selasa (18/7) hingga Kamis (27/7). Lawatan ke sejumlah negara tersebut dengan membawa tujuan mengenalkan budaya tersebut telah menjadi agenda rutin Pemkab Boyolali sejak 2012 silam.

Merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan generasi emas Boyolali. Demikian disampaikan Bupati Boyolali, Seno Samodro dalam acara Gladi Bersih dan Pelepasan Kontingen Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar 2017 di Gelanggang Anuraga, Sabtu (15/7) sore.
“Nanti 30 tahun lagi, generasi Boyolali yang diwakili Duta Seni merupakan generasi emas, karena wawasannya luas,” ungkap Bupati Seno.

Hal tersebut merupakan salah satu maksud Bupati mengirimkan pelajar agar bisa membuka wawasan dan pola berpikirnya. Dengan mengunjungi berbagai kota di luar negeri, mereka diharapkan dapat mengambil hal positif dan mempelajarinya. “Saya hanya ingin oleh-oleh pola pikirmu terbuka, sehingga kamu akan termotivasi [sehingga] berbeda dengan yang bukan duta seni,” pesan Seno. Dari hal tersebut diharapkan dapat meraih cita-cita setinggi langit dengan kata kunci “sinau sing sregep”.

Disinggung mengenai tarian yang akan ditampilkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto mengatakan sebanyak tujuh tarian telah disiapkan. “Menampilkan tujuh tarian di tiga negara,” ungkap Darmanto. Tujuh tarian dimaksud yakni Garuda, Tani, Sekar Merapi, Turangga Seta, Bedayan, Topeng Ireng dan Poco-poco.

Sementara untuk lawatan tahun depan Bupati Seno mewacanakan akan mengunjungi negara Selandia Baru, Brazil dan Mexico. Kemudian anggaran yang akan disiapkan meningkat Rp 700 juta dari tahun ini sebesar Rp 1,3 miliar. Jadi ke depan Bupati Seno meminta Disdikbud menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk Duta Seni tahun 2018. (*mjk/dst).

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top