PENGENALAN SENI BUDAYA SEJAK DINI

PENGENALAN SENI BUDAYA SEJAK DINI
Posted in Informasi
Posted on: February 28th, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali sangat memberi perhatian terhadap keberadaan kesenian tradisional di Boyolali untuk bisa bertahan dan terus berkembang. Berbagai kegiatan rutin digelar sebagai ajang penampilan seniman tradisional di Boyolali seperti festival tari rakyat serta pengiriman duta seni dan misi kebudayaan ke luar negeri setiap tahunnya sejak tahun 2013. Suguhan kesenian tradisional seringkali ditampilkan untuk menghibur bagi tamu pada sejumlah acara. Sementara di tingkat kecamatan seringkali menjadi agenda rutin dalam acara karnaval atau pawai seni dan budaya yang juga menampilkan kesenian tradisional.

 Kecamatan Selo merupakan kecamatan yang sangat berkembang dalam mengembangkan kesenian tradisonal. Saat ini terdapat lebih kurang puluhan kelompok kesenian tari tradisional yg berkemba di selo. Hal itu disampiakan pelaku seni kecamatan Selo, Sumarjo, di Lapangan Selo, Senin (27/2) dalam acara pelatihan tari bagi pelajar. “Saat ini terdapat sekitar 60 kelompok seni di Kecamatan Selo.  Masing-masing grup bisa memainkan dua sampai tiga jenis kesenian,” terang lelaki yang juga pengajar di SDN 2 Selo ini.

 Adapun jenis kesenian yang sangat berkembang di Selo yakni tarian Turangga Seto, Blarak Ngampar, Jelantur, Topeng Ireng dan Jaran Kepang. Untuk tarian jaran kepang dijadikan ekstrakurikuler bagi pealjar tingkat SD hingga SMA/SMK di Selo. Kesenian ini selalu ditampilkan dalam acara penyambutan tamu di homestay serta acara lainnya.

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru



Back to Top