PENGAWASAN DANA DESA, PEMKAB BOYOLALI MoU POLRES BOYOLALI

PENGAWASAN DANA DESA, PEMKAB BOYOLALI MoU POLRES BOYOLALI
Posted in Informasi
Posted on: October 31st, 2017 Oleh Administrator

BOYOLALI : Pemkab Boyolali menggandeng Polres Boyolali untuk ikut pengawasan pelaksanaan dana desa (DD). Kerja sama ini ditandai dengan ditekennya MoU antara Pemkab Boyolali dengan Polres Boyolali di Gedung Putih, Kantor Bupati Boyolali, Selasa (31/10/2017).

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M Said Hidayat mengungkapkan kerja sama ini dilakukan dalam rangka mengawal dan upaya pencegahan penyimpangan dana desa. Pihaknya berharap, dengan kerja sama ini dapat menjadi energy positif dan memacu para kepala desa untuk terus memperbaiki pengelolaan dana desa.

Dikatakan Wabup, sejauh ini pelaksanaan dana desa di wilayah Boyolali sudah berjalan cukup baik. Meski demikian diakuinya masih perlu dorongan supaya desa lebih baik dalam pelaksanaan dana desa. Disebutkan Wabup, sejauh ini meski masih ada 1-2 laporan keterlambatan pelaksanaan dana desa, namun belum ada laporan terkait penyimpangan atau penyelewengan di Boyolali.

“Untuk penyelewengan sejauh ini belum ada laporan, baru keterlambatan dan itu hanya 1-2 desa saja,” ungkap Wabup.

Ditegaskannya, sesuai dengan instruksi Bupati Boyolali, Seno Samodro, desa harus terus melakukan pembenahan-pembenahan dalam pelaksanaan dana desa. Desa diperintahkan untuk membuat perencanaan yang baik untuk mempersiapkan masterplan yang lebih baik.

Pembinaan lanjut Wabup, dilakukan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta kecamatan. Wabup menegaskan, pihaknya terus mendorong percepatan dan perbaikan pelaksanaan dana desa.

“Dorongan melalui komunikasi yang baik, melalui OPD terkait dan camat ke masing-masing kepala desa. Kami juga sudah petakan mana desa yang sudah baik perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya. Kepala desa yang sudah baik kinerjanya, kami minta untuk menularkan ke lainnya,” jelas Wabup.

Sementara itu menurut Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menegaskan keterlibatan Polri dalam pengawasan dana desa sebenarnya sudah dilakukan sejak dana desa dikucurkan.  Pola pengawasan jelas Kapolres, lebih pada pendampingan terkait perencanaan, pelaksanaan, ketepatan anggaran, hingga pertanggungjawaban dana desa.

“Kami dorong kepala desa-kepala desa untuk membuat informasi grafis terkait pengelolaan dana desa. Langkah ini untuk memudahkan pengecekan,” kata Kapolres.

Lebih lanjut ditegaskan Kapolres, hal penting dari MoU dengan Pemkab  terkait pengawasan dana desa, jika nantinya ada temuan dan indikasi penyimpangan, Polri tidak serta merta melakukan penyidikan, melainkan melakukan koordinasi dengan Inspektorat untuk melakukan croscek. Namun jika kemudian terbukti nyata adanya penyimpangan, maka polisi akan menindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku. (ARB)

Kategori

Informasi Terbaru

Video Terbaru


Back to Top